Breaking News:

Pengusaha Optimis Kolaborasi dan Sinergi Penanganan Covid-19 Dorong Kebangkitan Ekonomi Saat Pandemi

Para pengusaha yang tergabung di Kadin optimis akan kebangkitan ekonomi ditengah pandemi Covid-19

Penulis: Siti Fatimah | Editor: Siti Fatimah
dok Kadin Jabar
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 telah menghantam sektor ekonomi yang berimbas pada masyarakat luas. Banyak usaha tak lagi beroperasi dan terpaksa harus merumahkan bahkan memutus hubungan kerja.

Ketua Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara mengatakan, pandemi Covid-19 menjadi situasi yang sulit bagi para pengusaha, namun para pengusaha yang tergabung di Kamar Dagang Industri (Kadin) tak lantas berpangku tangan dan berdiam diri.

"Kita harus optimis, bagaimana caranya? Sinergi, kolaborasi, dan saling menguatkan antara semua lihak. Termasuk pemerintah dan stake holdernya. Kita bersatu bersama melawan Covid-19 ini dan sama-sama bangkitkan dunia usaha," kata Cucu ditemui pada acara HUT Kadin Ke-53 di Graha Kadin Jawa Barat Jalan Sukabumi, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Pastikan Ekonomi Rakyat Tetap Bergerak, Menko Airlangga Tinjau UMKM Rumahan di Surakarta

Pihaknya yakin, iklim usaha akan semakin baik dengan gencarnya pemerintah melakukan vaksinasi termasuk tak hentinya pemerintah menekan angka kasus Covid-19 dengan terus sosialisasi disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Cucu, pengusaha memiliki peran penting juga dalam mendukung penanganan Covid-19 yakni dari sisi ekonomi.

Bangkitnya dunia usaha akan mendorong kebangkitan ekonomi lainnya.

Dicontohkan Cucu, iklim usaha bagus akan mendorong investasi untuk masuk dan bila investasi masuk maka akan berimbas pada penyerapan tenaga kerja yang besar.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi, Mall di Jabar Sudah Dibuka, Pengusaha Pun Gembira, Kang Emil Ingatkan Prokes

"Salah satu upaya kami sebagai pengusaha untuk membantu membangkitkan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 dengan membentuk Warung NKRI dan Taman NKRI," kata Cucu.

Warung NKRI dan Taman NKRI ini untuk pemberdayaan usaha kecil menengah agar mereka bangkit kembali ekonominya terutama bagi mereka yang terdampak Covid-19 serta mereka yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak corona virus.

"Kadin Jawa Barat dan Kadin Kota Bekasi diberikan lahan seluas 20 hektar untuk Warung NKRI dan Taman NKRI ini. Kita fasilitasi para usaha kecil menengah ini, termasuk mereka yang terkena PHK agar menjadi pengusaha kecil menengah. Kita bantu permodalan, pelatihan, dan pendampingan, kita berdayakan mereka," katanya.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Jabar, Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Petani Milenial Lebah Madu

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved