Breaking News:

Dapat Mesin Pengupas dari Polban, Petani Desa Ini Bisa Olah dan Eksplorasi Kopi Dibantu Milenial

Dengan mesin bertenaga listrik itu, dia dan para petani lainnya tak perlu menjual semua hasil panen kopinya ke pengepul. Mereka bisa mengolahnya sendi

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Tim dosen dari Politeknik Negeri Bandung (Polban) berfoto setelah menyerahkan hibah mesin pulper biji kopi kepada LMDH Hurip Raharja ditemani Petani Milenial, Rabu (22/9/2021) di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Wajah Yudi Rukmana (56) menampakkan rona gembira saat melihat pisau mesin pemecah kulit kopi berputar kencang.

Dengan mesin bertenaga listrik itu, dia dan para petani lainnya tak perlu menjual semua hasil panen kopinya ke pengepul. Mereka bisa mengolahnya sendiri.

Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung (Polban) menghibahkan sebuah mesin pulper kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Hurip Raharja di Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Rabu (22/9/2021). 

LMDH itu diketuai Yudi Rukmana, petani yang menggarap lahan Perhutani di Gunung Geulis, Cimanggung.

Lahan-lahan yang digarap oleh petani di daerah itu mencapai puluhan hektar dan rata-rata ditanami kopi arabika Java Preanger. 

Yudi mengucapkan syukur atas hibah mesin itu. Selama bertani kopi selama hampir lima tahun, dia selalu menjual habis ceri kopi kepada pengepul di Tanjungsari.

Sekalipun ingin mencicipi kopi sendiri, dia susah payah mengolahnya dengan cara manual, yakni ditumbuk sebelum kopi dijemur.

Untuk pemanggangan kopi, Yudi dan petani setempat tidak begitu mendapat kesulitan, sebab setahun lalu, Polban dengan agenda Pengabdian Kepada Masyarakat telah pula memberikan mesin roasting kopi

Tetapi, biji kopi yang dipanggang tidaklah banyak karena proses pengolahannya yang masih mengandalkan tangan, sehingga stok biji hijau atau green bean kopi sangat terbatas. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved