Breaking News:

Atlet Panjat Tebing Jawa Barat Sudah di Timika, Jajal Venue dan Adaptasi Cuaca Menjelang Laga

Atlet panjat tebing Jawa Barat sudah berada di Timika, Papua. Mereka pun mencoba venue panjat tebing yang akan digunakan pada PON.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Giri
Atlet panjat tebing Jawa Barat menjajal papan yang akan dipakai untuk pertarungan di PON XX Papua di Timika. (Dok. FPTI Jawa Barat) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Atlet panjat tebing Jawa Barat sudah berada di Timika, Papua. Mereka pun mencoba venue panjat tebing yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua.

Manajer Panjat Tebing PON XX Jabar, Sumaryono, mengatakan, para atlet, pelatih dan ofisial tiba di Timika, Papua, pada Selasa (21/9/2021), sekitar pukul 06.00 WIT.

"Tim langsung mengecek venue di Sport Climbing Timika dan mencoba papan panjat yang akan digunakan pada pertandingan," ujar Sumaryono saat dihubungi pada Rabu (22/9/2021).

Sumaryono mengatakan, timnya datang lebih cepat, tujuh hari sebelum pelaksanaan pertandingan.

"Itu untuk menyesuaikan dengan suhu udara di sini.  Suhu udara di sini kan jauh berbeda dengan tempat latihan kita di Jawa Barat," kata Sumaryono yang akrab disapa Umar.

Sumaryono mengungkapkan, suhu di Timika lebih panas jika dibandingkan dengan di Jabar.

"Makanya kami harus cepat-cepat datang dan semoga ini bisa membantu para atlet," kata Umar. 

"Kalau adaptasi atlet terhadap papan tidak jauh berbeda dengan tempat latihan. Fokus kita lebih ke adaptasi cuaca saja. Kalau wall sudah standar dan kita pun berlatih dengan karakteristik wall yang hampir sama," tuturnya.

Umar mengatakan, tim panjat tebing Jabar pada PON XX berjumlah 17 orang yang terdiri atas 11 atlet, satu manajer, tiga pelatih, dan dua ofisial. 

"Untuk target, kami akan berupaya mencapai apa yang sudah ditetapkan KONI Jabar yakni tiga medali emas dari 16 nomor yang dipertandingkan," tuturnya.

Mudah-mudahan, kata Umar, medali yang dibawa pulang bisa melampaui target. 

"Kalau untuk persaingan sekarang sudah merata meski Jawa Timur masih sedikit unggul. Lalu ada Jawa Tengah dan Bali. Kami akan berusaha dan optimistis meraih medali untuk mendukung target Jabar Juara," ucapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved