Breaking News:

Akui Minim Sosialisasi Jalur Khusus Sepeda, Kadishub Kota Cirebon: Maaf Masih Dipakai Parkir

Hingga kini jalur khusus sepeda yang berada di dua sisi jalan tersebut masih digunakan untuk tempat parkir kendaraan

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Suasana jalur khusus sepeda di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (21/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jalur khusus sepeda dibangun Dishub Kota Cirebon di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan, mengakui keberadaan jalur tersebut masih minim disosialisasikan kepada masyarakat.

Karenanya, hingga kini jalur khusus sepeda yang berada di dua sisi jalan tersebut masih digunakan untuk tempat parkir kendaraan.

Baca juga: Kendaraan yang Parkir di Jalur Khusus Sepeda Jalan Siliwangi Kota Cirebon Bakal Disanksi Gembos Ban

"Kami mohon maaf masih dipakai parkir karena masyarakat belum paham tentang jalur khusus sepeda ini," ujar Andi Armawan saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (21/9/2021).

Pihaknya pun segera berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cirebon Kota untuk sosialisasi serta penertiban pelanggaran di jalur tersebut.

Pasalnya, menurut dia, Kota Cirebon telah mempunyai Perda Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) yang mengatur titik parkir kendaraan.

Ia mengatakan, jajarannya pun bakal menyosialisasikan jalur khusus sepeda saat uji coba dimulai, karena secara umum fasilitasnya juga belum lengkap.

"Sekarang baru tersedia jalurnya, nanti akan dilengkapi rambu-rambu dan marka jalan di sepanjang jalur khusus sepeda," kata Andi Armawan.

Bahkan, Andi menyampaikan, lampu lalu lintas di Jalan Siliwangi juga akan disesuaikan untuk menambah kenyamanan dan keamanan para pesepeda.

Baca juga: Dishub Kota Cirebon Sediakan Jalur Khusus Sepeda di Jalan Siliwangi

Setelah dinyatakan lengkap dan sarana prasarananya memadai, jalur khusus sepeda di Jalan Siliwangi akan menjadi percontohan untuk diterapkan di ruas jalan lainnya.

Pasalnya, Dishub Kota Cirebon telah berencana menambah jalur khusus sepeda di ruas jalan lainnya, khususnya yang menjadi akses ke destinasi wisata.

"Dimulai Jalan Siliwangi karena ini koridor utama menuju pusat pemerintahan, Alun-Alun Kejaksan, Pasar Kramat, Stasiun Cirebon, dan lainnya," ujar Andi Armawan.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved