Breaking News:

Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Terbesar se-Asia Tenggara Berdiri di Jabar, Emil: RI Jadi Terdepan

Jawa Barat kian memantapkan langkah menjadi provinsi terdepan dalam penggunaan energi terbarukan dan ramah lingkungan. Setelah menginstruksikan pemaka

Dok. Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo meletakkan batu pertama pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat kian memantapkan langkah menjadi provinsi terdepan dalam penggunaan energi terbarukan dan ramah lingkungan. Setelah menginstruksikan pemakaian mobil bertenaga listrik untuk kendaraan dinas, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar pun mendukung penuh pendirian industri baterai untuk mobil listrik di wilayahnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendampingi Presiden Joko Widodo meletakkan batu pertama pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9/2021).

"Industri baterai listrik untuk mobil listrik atau electric vehicle (EV) terbesar se-Asean, ground breaking di Karawang, Jawa Barat. Dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi. Investasi senilai Rp 15 triliun ini datang dari teknologi LG Electric dan Hyundai Motors Indonesia," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun instagramnya.

Ia mengatakan Jawa Barat akan menjadi lokasi kelahiran mobil listrik sekaligus baterainya di Indonesia. Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi Jawa Barat sekaligus semangat provinsi ini untuk memantapkan transisi dari energi fosil ke energi terbarukan ramah lingkungan.

"Maret 2022, mobil listrik pertama secara masal akan dihadirkan dari pabrik di Karawang, dan 2023 baterai listrik pertama secara masal akan hadir pula dari Karawang. Ini menjadikan Indonesia negara terdepan dalam transformasi industri kendaraan ramah lingkungan di dunia," kata Kang Emil.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9/2021).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9/2021). (Instagram Ridwan Kamil)

Jawa Barat, tuturnya, berkomitmen menjadi wilayah terdepan dalam energi terbarukan, dimulai tangga pertamanya dengan menghadirkan industri mobil listrik dan baterai listrik berkelas dunia.

"Kemudian energi panel surya terbesar se-Asean juga akan dipasang di danau-danau di Jawa Barat, kerjasama dengan Masdar dari UEA. Lelang investasi pengelolaan sampah kota menjadi energi listrik untuk aglomerasi Bandung Raya juga sedang berlangsung. Tahun depan bisa segera dibangun," ujar Kang Emil.

Ia mengatakan transisi energi ke energi terbarukan menjadi sebuah keniscayaan demi menghadirkan masa depan yang baik untuk generasi mendatang, yakni lingkungan hidup yang lebih baik.

"Mari mewariskan masa depan yang lebih baik dan lebih hijau, bukan mewariskan masa depan yang lebih buruk," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo meletakkan batu pertama pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Rabu (15/9/2021).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved