Kebakaran Hutan di California AS, Pohon Terbesar di Dunia Setinggi 84 Meter Dibungkus Aluminium Foil

Kebakaran hutan di California AS, membuat pemadam kebakaran membungkus pohon terbesar dunia dengan alumunium foil.

Penulis: Magang Tribunjabar | Editor: Hermawan Aksan
AFP
Petugas pemadam kebakaran sedang mencoba memadamkan api di hutan California, AS 

TRIBUNJABAR.ID – Kebakaran hutan di California AS membuat tim pemadam kebakaran membungkus pohon terbesar dunia dengan aluminium foil.

Dikutip dari theguardian.com, petugas pemadam kebakaran membungkus pangkal pohon terbesar di dunia dengan menggunakan aluminium foil berukuran sangat besar.

Mereka mencoba menyelamatkan rumpun pohon sequoia tua berukuran raksasa yang terkenal berada di Taman Nasional Sequoia California.

Para pejabat khawatir api bisa mencapai Hutan Raksasa, hutan dengan beberapa pohon terbesar di dunia, dalam beberapa jam.

Hutan ini menampung sekitar 2.000 sequoia, termasuk General Sherman setinggi 275 kaki (84m), pohon terbesar berdasarkan volume di Bumi, dan berusia sekitar 2.500 tahun.

Juru bicara pemadam kebakaran, Rebecca Paterson, mengatakan bahwa pohon General Sherman di hutan raksasa taman nasional Sequoia, beberapa sequoia lainnya, Museum Hutan Raksasa serta, bangunan lainnya dibungkus aluminium foil sebagai perlindungan terhadap kemungkinan kebakaran hebat.

Pembungkus aluminium tersebut dapat menahan panas yang intensif untuk waktu yang singkat.

Pejabat federal mengatakan mereka telah menggunakan bahan tersebut selama beberapa tahun di seluruh barat AS untuk melindungi struktur sensitif dari api.

Rumah-rumah di dekat Danau Tahoe yang terbungkus bahan pelindung aluminium selamat, sementara bangunan yang lain yang berada di dekatnya hancur.

Api Koloni, salah satu dari dua kebakaran di taman nasional Sequoia, diperkirakan akan mencapai Hutan Raksasa di beberapa titik.

Tahun lalu, kebakaran juga terjadi, dan api melahap ribuan sequoia, beberapa jenis pohon yang berukuran hampir seperti gedung tinggi dan berusia ribuan tahun.

Pohon General Sherman adalah pohon terbesar di dunia berdasarkan volume, yakni 1.487 meter kubik, menurut National Park Service.

Tingginya bahkan mencapai 84 meter, dan memiliki keliling 31 meter di permukaan tanah.

Tapi, sejarah 50 tahun telah meninggalkan luka bakar tertentu pada Pohon General Sherman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved