Breaking News:

Vaksinasi Pelajar di Kota Bandung Baru 40 Persen, Digencarkan Menjelang Kuliah Tatap Muka

Vaksinasi tetap penting bagi siswa berusia 12 tahun ke atas untuk meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman
Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati bersama Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unpar, Samuel Hutabarat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Angka capaian vaksinasi untuk pelajar di Kota Bandung baru mencapai 40 persen.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau vaksinasi massal yang digelar Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bersama TNI Lanal Bandung, Jumat (17/9/2021).

Meski tidak ada aturan PTM terbatas untuk siswa telah mendapat vaksin, tapi kata Yana, vaksinasi tetap penting bagi siswa berusia 12 tahun ke atas untuk meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

"Kita terus mendapat bantuan vaksin dari berbagai pihak, termasuk yang Sinovac. Mudah-mudahan ini bisa mempercepat vaksinasi untuk yang usia 12-17 tahun," ujar Yana.

Baca juga: Bupati Pangandaran Sampai Kesal, Ada Kades Belum Vaksinasi Covid-19 Karena Takut Jarum Suntik

Pemkot Bandung, kata Yana, memiliki target 1,9 juta warga yang harus mendapat vaksinasi Covid-19. Saat ini, tercatat sudah ada 1,45 juta atau sekitar 75 persen warga wajib vaksin yang sudah mendapat dosis tahap pertama.

"Kita upayakan akhir tahun 100 persen wajib vaksin sudah divaksinasi. Sehingga herd immunity (kekebalan kelompok) mulai tercipta awal tahun (2021)," katanya.

Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati mengatakan, bantuan serbuan vaksin ini sudah dilakukan untuk semua daerah.

Pemberian vaksin khusus pelajar, kata dia, dilakukan untuk membantu lembaga pendidikan dan pemerintah yang tengah menggencarkan pembukaan PTM terbatas.

Di Unpar, kata dia, disiapkan 3.500 dosis vaksin untuk dosis pertama dan kedua. Tunggul pun mengajak seluruh pihak yang memang membutuhkan vaksin untuk bekerjasama menyelenggarakan vaksinasi secara masif.

"Kami tidak terbatas ada di Bandung, Garut, Cianjur, dan daerah lainnya. Angkatan laut sudah melakukan vaksinasi capai 1 juta lebih, mulai dari pelajar, masyarakat, hingga nelayan di pesisir pantai kita bantu," ujar Tulung.

Baca juga: Banyak Ibu Hamil Takut Divaksin, Ridwan Kamil Sebut Vaksinasi Aman, Sudah 18 Juta Orang Disuntik

Di tempat yang sama, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unpar, Samuel Hutabarat berterimakasih pada Sesko TNI AL atas kerja sama menggelar giat vaksinasi tersebut. Diharapkan, ke depan dapat lebih banyak warga yang mengikuti vaksinasi di Kampus Unpar.

"Jadi, ini yang kita harapkan ke depan akan lakukan lebih lagi dan setelah komandan tadi siap untuk bekerja sama untuk ke depan untuk lebih besar lagi melaksanakan vaksin. Tak hanya dari lingkungan Unpar tapi seluruh masyarakat dari usia 12 tahun," ujar Samuel.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved