Breaking News:

Upah Belum Dibayar, Damri Bandung Akui Tidak Bisa Sembarangan PHK Karyawannya

Manager DAMRI Cabang Bandung, Ahmad Daroini memastikan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai solusi keterlabatan gaji ratusan pegawai

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
tribunjabar/mega nugraha
petugas Damri? bekerja di Halte Alun-alun Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - General Manager Damri Cabang Bandung, Ahmad Daroini memastikan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai solusi keterlabatan gaji ratusan karyawannya.

Kebijakan pengangkatan, rotasi, dan pemberhentian karyawan, kata dia, sepenuhnya merupakan wewenang dari perusahaan di tingkat pusat.

"Direksi sampai sekarang menahan tidak mem-PHK karyawan tetap. Karyawan tetap tidak ada yang di-PHK karena efisiensi tidak ada," ujar Ahmad, saat dihubungi Kamis (16/9/2021).

Damri, kata dia, merupakan perusahaan BUMN, berbeda dengan perusahaan swasta yang dapat melakukan PHK, lalu memberi pesangon dengan menjual aset perusahaan secara mudah.

Perusahaan berstatus BUMN harus mendapat izin dari Kementerian BUMN apabila hendak menjual aset.

"Harus izin Kementerian BUMN untuk menyelesaikan likuiditas itu. Jadi, tidak sesederhana perusahaan swasta untuk menyelesaikan persoalan begini," katanya.

Terkait adanya rencana mutasi beberapa karyawan ke luar Jawa, kata dia, kebijakan itu dilakukan untuk pemerataan karyawan di seluruh cabang Damri.

"Damri itu ada 58 cabang, langkah di antaranya Damri Cabang Bandung itu kan termasuk gemuk ya, istilahnya. Tapi, kalau yang di luar Jawa kan tidak berdampak, akhirnya ada (rencana) dimutasi ke luar Jawa, tapi dia enggak mau, dia minta walaupun gaji tertunda tetap minta di Bandung, itu waktu dialog," ucapnya.

Kini, pihaknya tengah berupaya membayar sisa gaji karyawan selama tujuh bulan dengan skema mencicil upah karyawan setiap bulan. Ditargetkan, upah bulan Maret yang belum dibayarkan dapat dilunasi pekan ini.

Baca juga: DAMRI Janji Lunasi Tunggakan Gaji Ratusan Karyawan Selama Tujuh Bulan, Ini Skemanya

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved