Breaking News:

Teknologi Digital Jadi Solusi di Tengah Pandemi, Berikut Cara Tingkatkan Skill Bagi Pelaku Usaha

Teknologi digital bisa menjadi solusi mengatasi persoalan di tengah pandemi Covid-19

Editor: Siti Fatimah
dok Wakool
Pakar Transformasi Digital & Tata Kelola Teknologi Informasi sekaligus CEO Wakool Academy, Umar Alhabsyi MT. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 telah membatasi aktifitas masyarakat dan telah merenggut mata pencarian jutaan orang di Indonesia. Dikarenakan pembatasan aktifitas, banyak perusahaan yang harus gulung tikar karena kesulitan mendapatkan penghasilan.

Jumlah pengunjung yang mendatangi tempat usahanya terus berkurang sedangkan pegawai harus tetap dibayar.

Semakin lama kondisi pembatasan kegiatan maka akan semakin sulit bagi sebuah usaha yang mengandalkan lalu lintas kontak fisik untuk bisa bertahan.

Baca juga: Transformasi Digital Jadi Keharusan di Saat Pandemi, Pakar; Adaptasi Atau Tertinggal

Pakar Transformasi Digital & Tata Kelola Teknologi Informasi sekaligus CEO Wakool Academy, Umar Alhabsyi MT mengatakan, bagi dunia usaha, tak ada pilihan lain untuk bisa bertahan kecuali beradaptasi dengan kondisi pandemi ini.

Salah satunya adalah mengadopsi teknologi digital untuk kegiatan bisnisnya.

Karena teknologi ini dapat menjadi solusi terhadap keterbatasan masyarakat dalam berinteraksi.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan berbagai komoditas itu tetap ada, hanya mereka mengalami keterbatasan akses terhadap penyedia komoditas tersebut.

Sehingga dengan memanfaatkan teknologi digital, maka penyedia dapat tetap memperoleh penghasilan, sementara masyarakat tetap dapat memperoleh komoditas yang dibutuhkannya.

"Peran teknologi internet dan digital dapat membantu usaha dari berbagai skala, mulai dari efisiensi proses internal hingga kemudahan pelayanan terhadap para pelanggannya. Teknologi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh yang besar-besar saja, tapi usaha kecil dan menengah juga sangat terbuka jalannya. Salah satu tantangan yang timbul berikutnya adalah dengan perubahan pola bisnis ke arah digital ini juga menuntut peningkatan skill dan kompetensi dari para pelakunya," kata Umar Alhabsyi.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Pentingnya Melek Teknologi Digital untuk IKM dan UMKM

Sementara itu, kata Umar, keterbatasan interaksi masyarakat di era pandemi ini juga menuntut transformasi digital pula pada dunia pendidikan dan pelatihan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved