Breaking News:

Ratusan Sekolah Lolos Verifikasi Tahap Dua, PTMT Bisa Ditunda dengan Catatan Seperti Ini

Dari total 2007 sekolah yang lolos verifikasi tahap satu dan dua untuk PTM, mayoritasnya adalah jenjang sekolah dasar (SD).

Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Seorang siswa SMKN 9 Bandung tengah mengikuti praktik di sekolahnya di hari pertama PTM. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pendidikan Kota Bandung telah menetapkan 1677 sekolah tahap dua lolos verifikasi untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Sebelumnya, sudah ada 330 sekolah yang lolos verifikasi tahap satu pada Juni lalu.

Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan pada Disdik Kota Bandung, Bambang Ariyanto, mengatakan, dari total 2007 sekolah yang lolos verifikasi tahap satu dan dua untuk PTM, mayoritasnya adalah jenjang sekolah dasar (SD).

"Sekolah paling banyak di Kota Bandung itu ialah SD. Jadi, SD ini paling banyak yang lolos untuk PTMT. Kami juga tak berikan pembagian per wilayah, sehingga penyebaran wilayahnya bervariasi ada yang sekolahnya banyak juga sedikit," katanya di Balaikota, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Sebanyak 1.677 Sekolah di Kota Bandung Lolos Verifikasi Tahap Dua, Boleh Gelar PTM Terbatas

Adapun mekanisme sekolah yang lolos verifikasi ini, ialah diawali dengan sekolah yang menyatakan siap menggelar PTMT mengirimkan data melalui SIMDIK.

Kemudian, verifikasi pun dilakukan oleh dinas kesehatan, dinas pendidikan, hingga kewilayahan.

"Bagi sekolah yang tak lolos verifikasi karena belum layak gelar PTMT, terus dapatkan pembinaan dari instansi terkait agar menjadi layak, karena banyak yang menginginkan menggelar PTMT," katanya.

Dia juga mengaku dari 2007 sekolah yang lolos verifikasi, mayoritas sudah jalankan PTMT dan hanya belasan yang memilih untuk memundurkan jadwal PTMT, karena ada berbagai alasan, salah satunya adanya pengerjaan rehab bangunan.

Baca juga: Pleno Verifikasi Telah Selesai Disdik Masih Memilah Sekolah Untuk Menggelar PTM, Mana yang Layak ?

Pelaksanaan PTMT juga senantiasa melihat kondisi penyebaran kasus covid-19 di Kota Bandung.

"Kalau levelnya nanti menjadi 4 kembali, tidak menutup kemungkinan PTMT pun akan ditunda lagi. Jadi, kami akan ambil kebijakan selanjutnya itu mengikuti regulasi terbaru," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved