Breaking News:

Daerah Rawan Bencana, Pak Uu Minta Pemkab Tasikmalaya Mulai Siaga Memasuki Musim Hujan

Uu Ruzhanul Ulum meminta aparatur di Kabupaten Tasikmalaya tak hanya waspada tapi harus mulai siaga menghadapi kemungkinan munculnya bencana.

Istimewa/Dok Pemkot Tasikmalaya
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, meninjau SDN 2 Tugu di Kota Tasikmalaya yang kini tertutup benteng beton, Jumat (3/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Memasuki musim hujan, sebagian wilayah Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu daerah paling rawan bencana di Jabar.

Karena itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta aparatur di Kabupaten Tasikmalaya tak hanya waspada tapi harus mulai siaga menghadapi kemungkinan munculnya bencana.

"Kalau sudah memasuki musim hujan, tidak lagi waspada tapi harus sudah siaga. Saya pengalaman di Tasikmalaya ini," kata Uu, Kamis (16/9/2021).

Pak Uu, panggilan akrab Wagub, sebelumnya menjabat Bupati Tasikmalaya selama dua periode, dan di periode kedua tidak selesai karena terpilih menjadi Wagub Jabar mendampingi Gubernur, Ridwan Kamil.

Menurut Uu, karakteristik wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang berbukit-bukit dan dilintasi sejumlah sungai besar menjadi rawan berbagai bencana.

"Berbagai bencana alam bisa muncul. Mulai dari longsor, banjir hingga pergerakan tanah. Puting beliung pun tak jarang muncul," ujar Pak Uu.

Unsur terkait, mulai BPBD, kecamatan, desa hingga para relawan bencana harus mulai siaga menghadapi kemungkinan munculnya bencana alam memasuki musim hujan ini.

Baca juga: Cuaca Buruk saat Rimbun Air Akan Mendarat, Diduga Landasan Tak Terlihat oleh Pilot

"Terutama adalah meminimalisasi dampak buruk akibat bencana. Baik kerugian bersifat materi maupun korban manusia," kata Pak Uu.

Wilayah yang termasuk rawan bencana longsor dan pergerakan tanah diantaranya meliputi Kecamatan Bojonggambir, Taraju, Puspahiang, Culamega, Salawu dan Gunungtanjung.

Sedangkan wilayah rawan banjir ada di Kecamatan Karangnunggal, Bantarkalong, Sukaresik dan Bojongasih.

Data dari BPBD Kabupaten Tasikmalaya saat ini sudah terjadi bencana alam di 24 titik rawan bencana, akibat hujan deras yang turun dalam beberapa hari ini.

Baca juga: Bukan Cuma Soal Mesin, Kapal Tongkang Ini Terdampar Karena Berlayar Saat Cuaca Buruk, Dihantam Ombak

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved