Breaking News:

Usulan Rutilahu Tak Kunjung Terealisasi, Rumah Mak Oyoh di Ciamis Keburu Roboh

Rumah bilik yang dihuni Mak Oyoh seorang diri tersebut memang sudah reyot, Bagian bangunannya sudah banyak yang lapuk.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa/Dok FK Tagana Ciamis
Rumah bilik yang dihuni Mak Oyoh (75) seorang diri di Ciamis ambruk tiba-tiba Rabu (15/9/2021) pukul 08.30 pagi. Waktu kejadian Mak Oyoh sedang mau masak di dapur. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sebelum ambruk Rabu (15/9/2021) pagi, ternyata rumah bilik yang dihuni Mak Oyoh (75) seorang diri di Dusun Cukang Uncal Rt Rt 02 RW 06 Desa Tanjungsari Sadananya Ciamis tersebut sudah beberapa kali diusulkan lewat program Rutilahu untuk perbaikannya.

“Tiap tahun juga diusulkan. Jauh sebelum pandemi sudah diusulkan beberapa kali. Tahun ini juga diusulkan. Tapi tak kunjung ada realisasi. Malah rumah Mak Oyohnya keburu ambruk tadi pagi,” ujar Kepala Dusun (Kadus) Cukang Uncal, Asep Badruzaman kepada Tribun Rabu (15/9/2021) siang.

Rumah bilik yang dihuni Mak Oyoh seorang diri tersebut memang sudah reyot, Bagian bangunannya sudah banyak yang lapuk.

Baca juga: Rumah Bilik Mak Oyoh di Ciamis Roboh, Diduga karena Hujan Deras,Lapuk, dan Getaran Gempa

Begitu diterjang hujan lebat beberapa hari berturut-turut yang membuat genteng makin basah dan makin berat, rumah Mak Oyoh pun roboh Rabu (15/9) pagi tersebut.

Kondisi ini diperparah setelah sebelumnya, Selasa (14/9) sore getaran gempa sempat menguncang. Mak Oyoh yang sedang berada di dapur, selamat dari kejadian tersebut, karena bagian dapur tidak ikut rubuh.

Menurut Asep Badruzaman, sebenarnya di Dusun Cukang Uncal ada lima rumah tidak layak huni yang diusulkan untuk direhab lewat program Rutilahu.

“Sejak beberapa tahun lalu, jauh sebelum pandemi di Dusun Cukang Uncal ada 5 rumah yang diusulkan lewat program rutilahu. Tapi sampai saat ini belum satu pun yang terealisasi, Sepertinya Cukang Uncal belum tersentuh rutilahu,” katanya.

Lantaran tak kunjung ada realisasi menurut satu persatu rumah yang diusulkan tersebut mulai rontok.

“Sepekan lalu warga terpaksa merubuhkan rumah Mak Eroh, lokasinya hanya sekitar 50 meter dari rumah Mak Oyoh. Sama-sama rumah bilik, tapi kondisi rumah Mak Eroh lebih parah. Makanya warga gotong royong meruntuhkan rumah mak Eroh,” ujar Kadus Cukang Uncal, Asep Badruzaman.

Dengan dirubuhkannya rumah Mak Eroh tersebut menurut Asep sebagai langkah awal untuk merehab rumah janda tua tersebut secara swadaya.

Baca juga: Mak Oyoh Luput dari Maut, Rumah Biliknya Tetiba Ambruk Saat Nenek Renta Itu Sedang Memasak

“Rumah Mak Eroh direhab secara swadaya masyarakat. Warga donasi ramai-ramai. Baru diruntuhkan, sudah disiapkan material. Rumah Mak Eroh belum mulai dibangun, tapi tiba-tiba tadi pagi, malah rumah Mak Oyoh yang rubuh,” katanya.

Rencananya, menurut Asep, bila tidak ada donasi dari luar rumah Mak Oyoh juga akan dibangun secara swadaya oleh masyarakat

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved