Breaking News:

Pemkot Bandung Sosialisasikan Jaminan Produk Halal untuk Pelaku Usaha, Karyawan, Hingga Kepala KUA

Pemkot Bandung dan Kementerian Agama Kota Bandung menggelar sosialisasi Jaminan Produk Halal (JPH) di Grand Pasundan, Rabu (15/9/2021).

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Tiah SM
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, secara simbolis menyerahkan bantuan beras untuk PKL di basement Kings Shopping Centre dan Masjid Raya, Kamis (26/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Kementerian Agama Kota Bandung menggelar sosialisasi Jaminan Produk Halal (JPH) di Grand Pasundan, Rabu (15/9/2021).

Sosialisasi diikuti kepala KUA, penyuluh, pelaku usaha dan karyawan di lingkungan Kantor Kemenag Kota Bandung.

Sosialisasi JPH untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk. 

"Keberadaan produk halal di Indonesia sangat penting karena mayoritas penduduknya adalah muslim," ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, saat sosialisasi Undang-Undang Nomor 13 tahun 2014 tentang JPH. 

Yana mengatakan, dalam UU nomor 13 tahun 2014 ditegaskan semua produk yang berada di Indonesia harus memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Aturan tersebut sudah diberlakukan pada tahun 2019 dan sampai saat ini terus disosialisasikan kepada masyarakat, termasuk kepala KUA, penyuluhan, pelaku usaha dan lainnya. 

Menurut Yana, negara harus mengatur produk halal ini guna memberikan perlindungan dan jaminan tentang kehalalan produk yang dikonsumsi. 

"Produk yang dimaksud bukan hanya makanan dan minuman, tapi juga obat, kosmetik, produk kimiawi serta barang yang digunakan atau dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Menurut Yana, kesadaran masyarakat dalam pemakaian produk halal terus meningkat. Hal ini diakui oleh para pelaku usaha setelah mencantumkan label halal. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved