Breaking News:

Kematian Massal Burung Pipit di Cirebon Jadi Perhatian BKSDA Ciamis, Disebut Langka

Kematian massal burung pipit di Cirebon Selasa (14/9) pagi kemarin  menjadi operhatian BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar
Bangkai burung pipit berserakan di halaman Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (14/9/2021). 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Kematian massal burung pipit/emprit (Lonchura leucogastroides) di halaman Balai Kota Cirebon Selasa (14/9) pagi kemarin  menjadi operhatian BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis.

Ditemukannya ratusan ekor bangkai burung pipit tersebut dianggap kejadian yang langka, suatu fenomena yang unik.

“Meski burung pipit bukanlah satwa yang dilindungi. Tetapi kejadian di halaman balai Kota Cirebon tersebut tetap menjadi perhatian kami. Kejadian yang unik, jarang terjadi,” ujar Tatan Kustandi, Plh Kasi VI BKSDA Wilayah III Ciamis (yang juga membawahi Cirebon) kepada Tribun, Rabu (15/9) siang.

Baca juga: Ratusan Burung Pipit Mati Mendadak di Cirebon, Ini Dugaan Penyebabnya

Menurun Tatan, menyusul ditemukannya ratusan ekor pipit dalam kondisi pingsan maupun yang sudah mati di bawah pohon sawo kecik (Manilkara kauki( yang tumbuh Balai Kota Cirebon tersebut petugas dari Resort XXI KSDA Cirebon sudah langsung mendatangi lokasi kejadian Selasa (14/9)  sore

.“Petugas kami sudah melakukan pengecekan ke lapangan.  Sudah ada laporannya,” katanya.

Ribuan burung pipit jatuh ke tanah
Ribuan burung pipit jatuh ke tanah (balibroadcast)

Kronologis kejadiannya menurut Tatan, pada Selasa (14/9) sekitar pukul 06.30 pagi petugas kebersihan Balai Kota Cirebon menemukan banyak burung pipit/emprit yang jatuh pingsan dan mati di bawah pohon sawo kecik.

Jumlahnya sekitar 500 ekor.

Kejadian tersebut dilaporkan kepada Kepala Rumah Tangga Balai Kota Crebon. Selanjutnya Walikota Cirebon  menghubungi l Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Cirebon untuk memeriksa kejadian tersebut.

Baca juga: Peristiwa Tak Biasa Terjadi di Balai Kota Cirebon, Ratusan Burung Pipit Berjatuhan dari Pohon

Selanjutnya  Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Crebon berkoorrdinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat dan Balai Veteriner (B-Vet) Subang.

Sekitar pukul 15.30 Selasa (14/9) sore, petugas dari B-Vet Subang, petugas KSDA Cirebon, dokter hewan dari Dinas Pangan Cirebon dan Kepala Dinas LH Cirebon  melakukan pengecekan lokasi bersama Ibu Wakil Walikota Cirebon.

Bangkai burung pipit berserakan di halaman Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (14/9/2021).
Bangkai burung pipit berserakan di halaman Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (14/9/2021). (Tribun Jabar)

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved