Breaking News:

Headline Tribun Jabar

Headline Tribun Jabar, Polda Jabar Bongkar Jual Beli Sertifikat Vaksin, Dijual Rp 300 Ribu

Headline Tribun Jabar, hari ini, menyajikan berita terbongkarnya praktik jual-beli sertifikat vaksin Covid-19 oleh Polda Jabar.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Januar Pribadi Hamel
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Polda Jabar membekuk pelaku pembuat sertifikat vaksin palsu. 

Headline Tribun Jabar, hari ini, menyajikan berita terbongkarnya praktik jual-beli sertifikat vaksin Covid-19 oleh Polda Jabar.

Dalam headline Tribun Jabar disebutkan, satu sertifikat vaksin Covid dijual dengan harga bervariasi. Mulai Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per sertifikat, tergantung tawar-menawar.

Ikuti headline Tribun Jabar selengkapnya di bawah ini.

Polda Jabar membekuk pelaku pembuat sertifikat vaksin palsu.
Polda Jabar membekuk pelaku pembuat sertifikat vaksin palsu. (Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman)

TRIBUNJABAR.ID - Polda Jawa Barat membongkar praktik jual-beli sertifikat vaksin Covid-19 yang memungkinkan pembelinya mendapatkan sertifikat vaksinasi asli tanpa harus mendapat suntikan vaksin Covid.

Satu sertifikat vaksin Covid dijual dengan harga bervariasi. Mulai Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per sertifikat, tergantung tawar-menawar.

Para tersangka bisa "memproduksi" sertifikat vaksin yang juga tervalidasi di aplikasi Peduli Lindungi, karena memiliki akses ke dalam sistem pembuatan sertifikat.

Dua dari empat tersangka yang ditangkap adalah relawan vaksinasi Covid. Namun, keduanya menjalankan aksinya secara terpisah.

JR, yang pertama ditangkap, menjalankan aksinya sendirian. Modusnya, menawarkan jasanya melalui media sosial.

Setelah mendapat kesepakatan harga, pelaku tinggal memasukkan data pemesan, berupa nama dan nomor induk kependudukan (NIK)-nya ke sistem, dan serfikat vaksinasi pun selesai tak lama kemudian.

"Pemesan pun akan mendapatkan sertifikat vaksin Covid tanpa harus menjalani penyuntikan vaksin terlebih dahulu," ujar Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jabar, Kombes Pol Arif Rahman, saat gelar perkara di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Selasa (14/9).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved