Breaking News:

Bangun Iklim dan Pengembangan Ekosistem Start Up, Unpad Buat Program Hackathon & Collaboraction

Unpad membuat program yang menaungi para pelaku UMKM dan start up digital yang direalisasikan dalam sebuah webinar

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Seli Andina Miranti
Tangkapan layar
Wakil Rektor 3 Unpad, Hendarmawan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat program yang menaungi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan start up digital yang direalisasikan dalam sebuah webinar bertema 'Kick Off National Hackathon & Collaboraction 2021, Rabu (15/9/2021).

Wakil Rektor 3 Unpad, Hendarmawan menjelaskan bahwa acara tersebut terbentuk dari beberapa pemikiran dan kondisi saat ini yang mana pandemi masih saja berlangsung sehingga membuat sebagian usaha perekonomian terpuruk.

"Perlu adanya inovasi dan transformasi, visi, misi Unpad sebagai perguruan tinggi. Kami sadar bahwa perekonomian di Indonesia sedang tidak baik-baik saja, sehingga perlu adanya terobosan yang fokus pada pengembangan UMKM," ujarnya saat zoom meeting.

Baca juga: Telkom Dukung Unpad menuju Hybrid University melalui Digitalisasi Layanan Kesehatan

Dia juga menyebut program tersebut bakal memfasilitasi startup digital di Indonesia sebagai bagian asumsi menumbuhkan kerangka ekonomi negara. Ada dua hal, katanya, yang dibahas dalam acara tersebut, yakni education technology (Edtech) yang kaitannya dengan bagaimana pembelajaran itu bisa berkembang dan small medium enterpreneur digital transformation.

"Program ini fokus fasilitasi start up digital dan inkubator bisnis, serta indikator yang ada di dalam ekosistemnya sehingga dapat berkolaborasi yang menghasilkan kontribusi nyata," katanya.

Rektor Unpad, Rina Indiastuti berharap adanya program ini bisa meningkatkan edukasi teknologi di semua sumber daya manusia terutama dosen.

Unpad, kata Rina, sangat berkomitmen menyongsong masa depan pendidikan tinggi yang lebih relevan dan berkualitas.

Baca juga: Sumedang Kini Terapkan PPKM Level 2, Bupati Bakal Izinkan Unpad Gelar Perkuliahan Tatap Muka

"Adanya bantuan teknologi dan produk edukasi teknologi dari start up digital memungkinkan informasi tersebar luas. Saat ini saja sudah banyak yang berkegiatan secara online dalam kegiatan belajar. Ke depannya kami akan baurkan belajar offline dan online," katanya.

Dengan mengusung pendidikan berdasarkan teknologi, Rina berharap edukasi teknologi ini dapat mewarisi informasi dan kepentingan society 5.0.

Selain itu, dari para start up digital ini bisa hadir produk-produk yang dapat membantu perjalanan Unpad dengan teknologi yang menghasilkan pengetahuan baru dan nilai-nilai baru. (*) 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved