Breaking News:

Pengurus PKB Jabar Sujud Syukur Jokowi Teken Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengucapkan rasa syukur setelah Pemerintah resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) No 82

Editor: Ichsan
pkbjabar
Pengurus PKB Jabar Sujud Syukur Jokowi Teken Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren 

TRIBUNJABAR.ID - Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengucapkan rasa syukur setelah Pemerintah resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Para pengurus DPW PKB Jabar pun melakukan sujud syukur atas terbitnya Perpres No 82 tahun 2021 itu.

Huda mengatakan Perpres yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo tertanggal, 2 September 2021 ini sudah lama dinantikan oleh kalangan pesantren di tanah air.

Untuk informasi, Perpres No 82 Tahun 2021 ini di antaranya mengatur soal Dana Abadi Pesantren sebagaimana tertuang dalam BAB III Pasal 23.

Dalam poin ketiga pasal 23 itu disebutkan, Dana Abadi Pesantren bertujuan untuk menjamin
keberlangsungan program pendidikan Pesantren bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggung jawaban antar generasi.

Baca juga: Kapolri Datangi Pondok Pesantren di Sukabumi, Sang Jenderal Tinjau Vaksinasi dan Mengaku Optimistis

"Dana Abadi Pesantren adalah konsep yang telah lama kita bahas dan kemudian kita usulkan kepada pemerintah, alhamdulillah akhirnya dapat terwujud dalam Perpres ini," kata Syaiful Huda dalam rilisnya, Selasa (14/9).

"Kalangan Pesantren pastinya menyambut baik Perpres ini, mengingat kebijakan tentang adanya pendanaan pesantren dari negara ini sudah lama dinantikan para Kiai, Ustaz, Ajengan di dunia Pesantren," kata Huda.

Menurut pria yang menjabat sebagai Ketua Komsi X DPR RI ini, pesantren memiliki kontribusi sangat besar dalam menciptakan karakter untuk dunia pendidikan di Indonesia.

"Maka dari itu sudah seharusnya negara ikut berkontribusi dan hadir menjamin dunia pesantren dari berbagai aspek termasuk soal pendanaan," ujarnya.

Baca juga: 1.000 Pesantren Audisi Tahap Pertama OPOP 2021 Dapat Bantuan Modal, Ini Besarannya

Huda mengatakan langkah pemerintah meneken Perpres No 82 Tahun 2021 telah sejalan dengan konstitusi, sesuai dengan Undang-Undang No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

"Konstitusi telah mengatur ini, jadi langkah Presiden Jokowi untuk ini adalah langkah yang sangat tepat karena sudah dijamin Undang-undang, karena itu kita sangat berterima kasih," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved