Breaking News:

Kenali Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan dan Risiko Jika Mengonsumsi Berlebihan

Tahukah anda jika makanan kaya protein seperti kedelai punya banyak manfaat kesehatan sekaligus efek samping yang cukup berisiko?

Penulis: Magang Tribunjabar | Editor: Ravianto
freepik
susu dari sari kedelai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan kedelai ke dalam makanan sehari-hari dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan potensial. 

TRIBUNJABAR.ID – Tahukah anda jika makanan kaya protein seperti kedelai punya banyak manfaat kesehatan sekaligus efek samping yang cukup berisiko?

Kedelai adalah kacang-kacangan populer yang berasal dari Asia.

Orang yang mengikuti diet vegetarian sering menggunakan kedelai untuk menggantikan daging.

Namun, muncul kontroversi seputar manfaat dan risiko mengkonsumsi kedelai, karena beberapa produsen sekarang sudah memodifikasi kedelai secara genetik.

Kedelai sangat kaya akan protein dan memberi banyak nutrisi bagi tubuh. Cara mengonsumsinya pun beragam, bisa dengan cara memakannya, meminumnya dalam bentuk susu sebagai alternatif, dan juga meminumnya dalam bentuk suplemen.

Beberapa produsen juga mengekstrak minyak dari kedelai dan menggunakannya untuk membuat bahan bakar ramah lingkungan, serta lilin, krayon, dan pelumas mesin.

Dikutip dari medicalnewstoday.com, kedelai dipelajari lebih lanjut, dan telah ditemukan potensi manfaat sekaligus risiko kesehatannya. Berikut ini penjelasannya secara ilmiah:

Manfaat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan kedelai ke dalam makanan sehari-hari dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan potensial.

Kedelai memiliki kaitan dengan kadar kolesterol yang lebih sehat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved