Breaking News:

Angkatan Udara Indonesia Bakal Tambah Kuat, Seskoau Siapkan Ratusan Perwira, Ini Tugas Mereka

Seskoau kini tengah menyiapkan ratusan perwira untuk menambah kekuatan dan mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal saat membuka kegiatan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan ratusan perwira siswa (Pasis) untuk melakukan pengamanan terkait potensi ancaman di ruang udara nasional.

Pasis Seskoau angkatan ke-58 sebanyak 127 orang tersebut disiapkan untuk melindungi kedaulatan negara, terutama di ruang udara dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, mengatakan, upaya pengamanan ruang udara nasional tersebut dilakukan karena ada beberapa wilayah yang dianggap memiliki kerawanan dalam pelanggaran wilayah di perbatasan.

"Jadi, baik sifatnya untuk deteksi dini dengan menggunakan satuan-satuan radar, maupun penindakan dengan pesawat tempur, peluru kendali atau rudal yang kita miliki saat ini," ujar Marsda TNI Samsul Rizal saat ditemui di  Mako Seskoau Lembang, KBB, Selasa (14/9/2021).

Samsul mengatakan, upaya tersebut juga dilakukan karena pihaknya memiliki peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2018 tentang pengamanan wilayah udara nasional.

"Sekarang juga sedang dibahas tentang dibahas undang-undang tentang pengelolaan ruang udara nasional. Dalam konteks pertahanan wilayah udara nasional dilaksanakan Komando Pertanahan Udara Nasional atau Kohamunas," kata Marsda TNI Samsul Rizal.

Dalam melakukan pertahanan tersebut, kata Samsul, pihaknya juga kerap melaksanakan operasi-operasi rutin yang dianggap memiliki kerawanan dalam pelanggaran wilayah.

Sementara untuk ratusan pasis yang disiapkan dalam melakukan pengamanan ruang udara nasional ini, pihaknya melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) selama dua hari.

"Mestinya kegiatan KKLN ini, dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke negara-negara tujuan ke luar negeri sesuai dengan agenda atau rencana di pendidikan Seskoau ini," ucap Marsda TNI Samsul Rizal.

Tetapi karena saat ini masih pandemi Covid-19, kata Samsul, kegiatan KKLN tersebut hanya dilaksanakan secara online dengan menghadirkan para narasumber dari tiga negara yaitu Australia, Korea Selatan, Inggris, serta dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

"Tema dalam kegiatan KKLN ini yakni kerja sama dan diplomasi nasional dalam rangka melindungi kedaulatan negara di ruang udara guna mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan," ujar Marsda TNI Samsul Rizal.

Menurutnya, kerja sama ini dilakukan agar para pasis memiliki kemampuan analisa dan berpikir kritis, tentang bagaimana membangun kerja sama dan diplomasi internasional agar pihaknya mendapatkan data-data dan informasi dari beberapa sumber.

"Pasis angkatan ke-58 berjumlah 127 orang, juga di dalamnya ada pasis dari 5 negara sahabat, termasuk dari polisi ada 6 perwira, 2 angkatan darat, dan 2 angkatan laut," ucap Marsda TNI Samsul Rizal.

Baca juga: 25 Perwira TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftarnya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved