Breaking News:

Percepat Pencapaian Vaksinasi, Masjid Salman ITB Jadi Masjid Sentra Vaksinasi Pertama di Jawa Barat

Masjid Salman ITB menjadikan sebagai masjid pertama yang menjadi sentra vaksinasi di Jawa Barat

Penulis: Siti Fatimah | Editor: Siti Fatimah
dok Masjid Salman ITB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana resmikan Sentra Vaksinasi Masjid Salman ITB di Masjid Salman ITB, Senin (13/9/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat khususnya Kota Bandung terus gencar melakukan vaksinasi untuk masyarakat. Untuk mendukung program pemerintah ini, Masjid Salman ITB menjadikan sebagai masjid pertama yang menjadi sentra vaksinasi di Jawa Barat.

Sejumlah program vaksinasi juga sudah digelar oleh Masjid Salman ITB.

Ketua Umum YPM Salman ITB Suwarno mengatakan, kehadiran vaksin Covid-19 memang berdampak besar bagi keberlanjutan roda kehidupan bangsa. Vaksinasi menjadi jalan untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Meski begitu risiko penularan tetap harus diwaspadai.

Baca juga: Kapolri Ungkap Vaksinasi Covid-19 di Jabar Menggembirakan, Bentar Lagi Herd Immunity

"Untuk itu, Masjid Salman ITB kembali menggelar vaksinasi hari ini. Gelaran aktivitas sosial kemanusiaan ini juga menandai Salman ITB sebagai Sentra Vaksinasi," Katanya di Masjid Salman ITB, Senin (13/9/2021).

Sebelumnya pada sekitar bulan Juni hingga Agustus, Salman ITB berkolaborasi bersama banyak pihak melaksanakan tes SWAB dan vaksinasi gratis. Pihak-pihak tersebut meliputi Wakaf Salman ITB, Rumah Amal Salman, Dinas Kesehatan Kota Bandung, PT Bio Farma (Persero), PERSIB,  HIPMI Jawa Barat, IA ITB, D/Joom, Jabar Quick Response, Telkom Indonesia, dan Dewan Masjid Indonesia. Adapun tenaga kesehatan yang bertugas dibantu oleh Fakultas Kedokteran UNPAD, Poltekkes, dan UPTD Puskesmas Dago. Hingga saat ini sekitar dua ribu orang telah menerima vaksinasi di Salman ITB. 

Masjid Salman ITB menjadi masjid sentra vaksinasi pertama di Jawa Barat
Masjid Salman ITB menjadi masjid sentra vaksinasi pertama di Jawa Barat (dok Masjid Salman ITB)

"Kegiatan vaksinasi massal Masjid Salman ITB ini diperuntukkan untuk masyarakat umum, mulai dari usia produktif hingga lansia. Secara khusus, vaksinasi ini juga ditujukan untuk para petugas rumah ibadah dan mereka yang bertugas di ruang publik, yang rentan menjadi titik penyebaran virus. Inilah wujud manfaat yang diberikan Masjid Salman ITB dari Masjid untuk semua," katanya.

Seluruh peserta vaksinasi yang telah terdaftar mengikuti berbagai tahapan vaksinasi sesuai prosedur, mulai dari tahap screening kesehatan, penyuntikan vaksin, sampai observasi pasca vaksinasi.

Baca juga: Ribuan Orang Dapat Vaksinasi Dosis Kedua, Dapat Makanan Sampai Es Krim Gratis

Total kuota peserta vaksinasi kali ini mencapai tiga ribu orang sehingga jika dijumlahkan ada 5.000 orang yang menerima manfaat dari kehadiran sentra vaksinasi Salman ITB. 

Demi kebermanfaatan yang lebih luas, Wakaf Salman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berbagi informasi maupun berdonasi membantu sesama.

Masyarakat bisa mendukung programprogram kebaikan melalui donasi di website wakafsalman.or.id dan informasi lainnya seputar Salman ITB di laman salmanitb.com 

Di lokasi yang sama, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Sentra Vaksinasi Masjid Salman ITB. Ia mengatakan, Pemerintah Kota Bandung terus gencar melakukan vaksinasi hingga semua bisa tercapai 100 persen pada tahun 2021 ini.

Baca juga: Bantu Percepat Herd Immunity, Jaksa Kejari Kuningan Percepat Vaksinasi Covid-19

Salah satu upaya agar vaksinasi ini bisa diberikan oleh semua warga, perlu dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari Masjid Salman ITB.

"Masjid Salman ITB dan Wakaf Salman ikut mendukung percepatan vaksinasi. Ini Juga sebagai salah satu upaya iktiar kita yang dilakukan secara masif untuk mempercepat terbentuknya herd immunity," kata Yana Mulyana.

Apalagi, kata Yana, vaksinasi yang digelar Masjid Salman ITB tak hanya menyasar warga sekitar tapi juga para pedagang yang banyak berjualan di sekitar kampus ITB.

"Para pedagang ada juga yang bukan warga Bandung, karena itu semua didorong juga bisa ikut dalam program vaksinasi," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved