Breaking News:

Endemi Akan Terjadi, Menko PMK Minta Polisi Tidak Galak Saat Tindak Warga Tak Bermasker

Kebiasaan menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun jadi modal untuk memasuki fase endemi.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Siti Fatimah
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago (kiri) saat diwawancara 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Setelah diterjang pandemi Covid-19 selama hampir 2 tahun, Indonesia saat ini bersiap memasuki endemi.

Selama pandemi ini, masyarakat diwajibkan pakai masker, mencuci tangan dan dilarang berkerumun untuk mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Bersiap Fase Endemi, Polisi Tak Harus Galak ke Warga Tak Pakai Masker, Apa Itu Endemi?

Selama hampir dua tahun itu, kebiasaan menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun jadi modal untuk memasuki fase endemi.

Kendati demikian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta polisi jangan galak-galak ke warga yang tidak pakai masker.

Baca juga: Kapan Covid-19 Jadi Penyakit Endemi, dalam Waktu Dekat? Ini Kata Epidemiolog Griffith University

"Tidak usah disuruh, tidak usah dipelototi oleh aparat, Pak Polisi tidak perlu menggiring semua orang untuk pakai masker. Maka itu endemi akan terjadi," kata dia saat meninjau vaksinasi di Klinik PKU Muhammadiyah Darussalam Medika, Desa Getassrabi, Kecamatan Gebong, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (11/9/2021).

Menanggapi permintaan Menko PMK, Kepala Bidang (Kabdi) Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, polisi tidak pernah galak ke warga. Namun, pihaknya tetap mengimbau dengan humanis.

Baca juga: Cara Membuat Masker Wajah dari Daun Sirih, Bisa Memerangi Masalah Kulit Anda

"Kita gak pernah galak galak begitu, cuman kita tetep mengimbau bahwa untuk vaksin itu perlu untuk pencegahan dan memutus mata rantai Covid, gak ada galak galak," katanya sambil tersenyum saat mengikuti peninjauan vaksinasi di Ponpes Assalam, Warungkiara, Sukabumi, Senin (13/9/2021)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved