Breaking News:

Monumen Gasibu akan Jadi Monumen Pahlawan Pandemi, Ribuan Nama Nakes yang Gugur Akan Ditulis

Kepahlawanan mereka inilah yang mendorong Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadikan Monumen Gasibu sebagai Monumen Pahlawan Pandemi.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau Monumen dan Lapangan Gasibu di Kota Bandung, Jumat (10/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - LaporCovid-19 mencatat sampai akhir Agustus 2021, hampir 2.000 tenaga kesehatan di Indonesia meninggal dunia akibat Covid-19. Mereka gugur dan menjadi pahlawan penanganan pandemi di Tanah Air.

Kepahlawanan mereka inilah yang mendorong Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadikan Monumen Gasibu sebagai Monumen Pahlawan Pandemi.

Monumen Gasibu di Kota Bandung ini awalnya hanya menjadi bagian ruang terbuka hijau di antara Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat dan Gasibu. Dua monumen berbentuk prisma dan penataan taman di sekitarnya tersebut sudah rampung sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Narapidana Kasus Narkoba Berjejal di Penjara di Seluruh Jabar

Namun segera, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendedikasikan dua tugu tersebut untuk menghormati para pahlawan yang gugur selama penanganan Covid-19.

Ridwan Kamil pun meminta Presiden Joko Widodo menjadikannya sebagai Monumen Pahlawan Pandemi, mengingat ribuan tenaga kesehatan sampai ahli vaksin meninggal di tengah pandemi.

“Monumen ini dibangun sebelum Covid-19, bukan dilaksanakan saat Covid-19 ada, tapi selesai menjelang Covid-19, dan merupakan program lama. Sekarang kita akan dedikasikan kepada pahlawan Covid-19,” ujar Ridwan Kamil di sela peninjauan, Jumat (10/9/2021) petang.

Rencananya penasbihan Monumen Gasibu sebagai Monumen Perjuangan Pahlawan Covid-19 dilakukan 10 November 2021 bertepatan dengan Hari Pahlawan mengundang Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan bisa disetujui Presiden,” katanya.

Selain pintu gerbang yang kini menjadi fasad Monumen Gasibu, nantinya akan ada dua patung yang melambangkan rasa kesedihan sekaligus ketangguhan.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi UMKM, Ridwan Kamil Ajak Migrasi ke Digital, Terbukti Pendapatan Naik 40 Persen

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved