Breaking News:

Makanan yang Mengandung 300 IU vitamin D, Berguna Turunkan Risiko Terkena Kanker Kolorektal

Tahukah anda jika mengonsumsi vitamin D dapat menurunkan risiko kanker kolorektal pada kaum wanita?

Penulis: Magang Tribunjabar | Editor: Ravianto
tribunnews
ILUSTRASI manfaat susu. Susu mengandung vitamin D yang mampu mengurangi risiko terkena kanker kolorektal. 

TRIBUNJABAR.ID – Tahukah anda jika mengonsumsi vitamin D dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal pada kaum wanita?

Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh di usus besar (kolon) atau di bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus (rektum).

Kanker ini dapat dinamai kanker kolon atau kanker rektum, tergantung pada lokasi tumbuhnya kanker.

Dikutip dari verywellhealth.com, di Amerika Serikat, kanker kolorektal adalah penyebab utama ketiga kematian terkait kanker pada pria dan wanita.

Dari 2008 hingga 2017, kematian akibat kanker kolorektal pada orang di bawah 55 tahun telah meningkat sebesar 1% per tahun.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology, diet kaya vitamin D dikaitkan dengan hampir 50% pengurangan risiko terkena kanker kolorektal atau polip usus prakanker pada wanita muda.

Tamar Samuels, MS, RD, ahli diet dan salah satu pendiri Culina Health, mengatakan kepada Verywell bahwa studi baru "melihat hubungan antara status vitamin D dan kanker kolorektal onset dini di antara wanita yang terdaftar dalam studi Nurses Health II,”

Ia juga, “menemukan bahwa peserta dengan asupan vitamin D yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal dini.”

Bagaimana Vitamin D Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kolorektal?

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara status vitamin D yang sehat dan penurunan risiko kanker kolorektal (CRC).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved