Breaking News:

Kayu Manis Dapat Mengontrol Gula Darah, Ini Penjelasan Ilmiah dan Cara Mengonsumsinya

Penelitian menunjukkan konsumsi kayu manis setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah pada seseorang dengan prediabetes.

Penulis: Magang Tribunjabar | Editor: Seli Andina Miranti
Kayu Manis Dapat Mengontrol Gula Darah, Ini Penjelasan Ilmiah dan Cara Mengonsumsinya
Shutterstock/Chamille White
Ilustrasi kayu manis

TRIBUNJABAR.ID – Penelitian menunjukkan konsumsi kayu manis setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah pada seseorang dengan prediabetes.

Dikutip dari verywellhealth.com, Pradiabetes disebut juga sebagai toleransi glukosa yang terganggu, yaitu prekursor diabetes tipe 2. Kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk dianggap diabetes.

Hal itu tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat diidentifikasi dengan tes darah. Namun, penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa kayu manis adalah solusi bagi individu dengan prediabetes.

Ini penjelasan ilmiahnya

Data yang diterbitkan dalam Journal of Endocrine Society edisi Juli, melihat efek dari tiga dosis harian 500 mg (milligram) kayu manis selama 12 minggu.

Ada 54 peserta studi prediabetes, tetapi hanya 27 menerima kayu manis dalam bentuk kapsul. Sisanya menerima plasebo.

Baca juga: Kunci Pernapasan Sehat, Daun Sirih Dipercaya Meringankan Batuk dan Pilek, Campur dengan Kayu Manis

Setelah 12 minggu, orang yang menggunakan plasebo memiliki glukosa darah yang lebih tinggi, tetapi kadar pada orang yang mengonsumsi kayu manis tetap stabil. Keduanya merupakan jumlah gula dalam darah setelah puasa semalaman.

Kadar glukosa darah setelah puasa akan tetap tinggi jika tubuh anda tidak dapat memproduksi insulin yang cukup setelah lama tidak makan.

Selain itu, kayu manis, menghasilkan peningkatan toleransi glukosa, semacam kemampuan untuk memetabolisme gula.

“Kami telah memiliki bukti sementara bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes,” Melissa Azzaro, RDN, LD, ahli diet yang terdaftar resmi, mengatakan kepada Verywell.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved