Breaking News:

Gegara Bara Puntung Rokok, Kebun Bambu Satu Haktare di Sumedang Terbakar Disemprot Dua Mobil Pemadam

Lahan kebun bambu seluas satu hektare di Dusun Genteng Pancing RT01/10, Kelurahan Cipameumpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
Dok. Damkar Sumedang
Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang tengah memadamkan api yang membakar lahan perkebunan bambu di Kelurahan Cipameumpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021) siang. 

Laporan Kontributor TribunJabar.di Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Lahan kebun bambu seluas satu hektare di Dusun Genteng Pancing RT01/10, Kelurahan Cipameumpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ludes terbakar, Jumat (10/9/2021) siang.

Sedikitnya dua unit armada pemadam kebakaran milik Damkar Sumedang diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Informasi yang dihimpun Tribun Jabar.id, penyebab kebakaran diduga berasal dari bara puntung rokok yang dibuang warga sembarangan ke semak-semak dan membakar dedaunan kering.

"Kejadiannya sekitar pukul 11.30 WIB," kata petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang, Soekarno saat dihubungi Tribunjabar.id melalui sambungan telepon.

Soekarno mengatakan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran lahan bambu milik warga yang bernama Rasim ini.

Namun, kata dia, berdasarkan keterangan warga setempat, api diduga berasal dari bara puntung rokok yang dibuang sembarangan, dan akibat hembusan angin dan banyaknya dedaunan bambu yang mudah terbakar, kobaran api akhirnya meluas.

"Dugaan sementara, api berasal dari puntung rokok yang dibuang warga sembarangan dan akhirnya api meluas," kata dia..

Soekarno menyebutkan, lahan yang terbakar ditaksir mencapai 1 hektare.

"Saat ini petugas masih melakukan pemadaman secara merata pada semua bagian lahan agar kebakaran tidak merembet dan meluas ke area lain," ujar Soekarno. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved