Breaking News:

Didukung Saksi, Kuasa Hukum Sebut Bupati KBB Non Aktif Aa Umbara Tak Intruksikan Kepala Dinas Setor

Kuasa hukum Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Rizky Rizgantara sebut bahwa Aa Umbara tidak intruksikan kepala dinas di Pemkab Bandung Barat setor

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURAHMAN
Sidang kasus dugaan korupsi pengadaan barang bantuan sosial (Bansos) Covid-19 yang melibatkan Bupati Bandung Barat non aktif Aa Umbara di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Kuasa hukum Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Rizky Rizgantara menyebut bahwa Aa Umbara tidak pernah intruksikan kepala dinas di Pemkab Bandung Barat untuk setor saat kegiatan di Pangandaran.

Soal setoran itu sempat dibahas saat persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (8/9/2021). Salah satu saksi, Ricky Riyadi selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB, Imam Santoso, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Ahmad Kresna serta Alan Sandria dari pihak swasta.

Dalam sidang itu, Majelis Hakim mencecar Ricky Riyadi dengan pertanyaan berkaitan pemberian uang ke Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara yang jumlahnya sekitar Rp 17,5 juta.

Pemberian uang tersebut diduga dilakukan berkaitan dengan mutasi, promosi jabatan. Pemberian uang itu dilakukan dengan tiga kali tahapan.

Ricky mengaku jika pemberian uang tersebut merupakan inisiatifnya sendiri. Ia pun tidak dijanjikan apapun oleh Aa Umbara meski sudah memberikan sejumlah uang.

"Ada nggak kata tegas dari terdakwa meminta uang dan dijanjikan sesuatu?," tanya hakim Lindawati dalam sidang, di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan L.L.R.E Martadinata, Rabu (8/9/2021).

"Tidak ada," kata Ricky.

Baca juga: Aa Umbara Akan Dipindahkan Dari Rutan KPK ke Rutan Kebonwaru Bandung, Ini Alasannya Kata Kuasa Hukum

Setiap ingin memberikan uang kepada Aa Umbara, Ricky menyerahkan melalui ajudan Aa Umbara. Uang itu, kata Ricky bersumber dari kantong pribadinya.

"(Setelah memberi uang) saya tidak lapor Bupati," katanya.

Hakim pun kemudian menanyakan soal imbalan kepada Aa Umbara seusai dirinya diangkat menjadi kepala dinas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved