Breaking News:

Bupati Sumedang dianugerahi Sebagai Pemimpin Visioner Indonesia Oleh MNC Group

Sebagai kepala daerah punya tiga tugas utama yaitu bertanggungjawab terhadap janjinya

TRIBUNJABAR.ID Dinilai mampu membawa perubahan positif bagi daerah dan membuktikan kekuatan visi kepemimpinan ditengah pandemi, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir meraih penghargaan prestisius dari MNC Group dalam ajang Indonesia Visionary Leader season VII Kategori The Best Overall.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Executive Chairman PT. MNC Investama Tbk. Hary Tanoesoedibjo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pada acara malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader di MNC Conference Hall Inews Tower, Jakarta, Kamis (8/9/2021).

Bupati Sumedang menjadi salah satu dari 10 kepala daerah di seluruh Indonesia yang telah diuji dewan juri melalui proses penilaian yang dihelat pada 9 dan 10 Maret 2021.

Penilaian Indonesia Visionery Leader VII MNC Group ini melibatkan tim juri dari berbagai bidang keahlian untuk menilai kepala daerah yang dianggap visioner dan berpotensi menjadi pimpinan di tingkat nasional.

Salah satu hal yang menjadi point plus pada penilaian Bupati adalah kreasi dan inovasi program penanganan pandemi Covid-19 singkron dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Setiap kebijakan dari pusat selalu dilaksanakan dan diterjemahkan dengan berbagai inovasi dan strategi sehingga berhasil menekan penyebaran Covid dan mendapat penghargaan berupa dana insentif daerah (DID) serta mendapat apresiasi dari KPK.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, pandemi covid 19 hingga kini masih menjadi tantangan bagi para kepala daerah, baik yang berada di pusat hingga tingkat gubernur, wali kota, dan bupati.
--
"Kami yakin, setiap kepala daerah memiliki visi dalam mencari dan mengaplikasikan solusi terhadap permasalahan pada pandemi Covid 19," ucap Hary Tanoesoedibjo

Menteri Tjahjo dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para kepala daerah penerima apresiasi Indonesia Visionary Leader 2021 yang memiliki kekuatan visi, dalam menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, serta membudayakan visi di wilayah masing-masing.

"Sebagai kepala daerah punya tiga tugas utama yaitu bertanggungjawab terhadap janjinya, bertanggungjawab mensukseskan program strategis pemerintah pusat dan mensukseskan program-program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang di daerah masing masing," ujarnya
--
Ditengah pandemi covid-19, kata Tjahjo, kemampuan kepemimpinan khususnya pimpinan daerah diuji dan diasah ketangguhannya. Menurutnya, Pandemi Covid-19 menjadi satu ujian paling nyata di era yang penuh ketidak pastian seperti sekarang ini.

"Jelas diuji, karena anggaran dari pusat dipotong, PAD pasti turun.
Saya kira ini yang harus ditata keahlian dalam memanage dengan baik. Cepat atau lambat pasti akan kita jawab bersama sehingga akan memulihkan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved