Breaking News:

Aparat Bandung Barat Turun Tangan soal Kerumunan saat Deklarasi FPI di Tempat Ibadah

Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat (KBB) turun tangan menindaklanjuti peristiwa deklarasi Front Persaudaraan Islam yang viral di medsos

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Mega Nugraha
hilman kamaludin/tribun jabar
Front Persaudaraan Islam (FPI) menggelar deklarasi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan diikuti sejumlah massa yang didominasi memakai pakaian berwarna putih di sebuah ruangan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat (KBB) turun tangan menindaklanjuti kerumunan deklarasi Front Persaudaraan Islam (FPI) yang viral di medsos.

Berdasarkan hasil penulusuran, Kamis (9/9/2021), deklarasi FPI dengan berkerumun tersebut digelar di Masjid Daarul Khoirot, Kampung Sumur Bor Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB.

Seperti diketahui, kerumunan di tengah pandemi Covid-19 harus dihindari sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

Pantauan Tribun Jabar, masjid yang didominasi cat berwarna putih dan hijau itu berada tepat di samping rel kereta api. Namun,  saat itu tidak aktivitas sama sekali dan pintunya tertutup rapat.

"Kami sudah memantau sosial media dan menelusuri lokasi serta menindaklanjuti soal adanya kegiatan," ujar Kepala Badan Kesbangpol KBB, Soeryaman di kantornya, Kamis (9/9/2021).

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa berbuat lebih jauh untuk menindaklanjuti kegiatan itu selama kegiatannya tidak menimbulkan keresahan dan tidak melanggar hukum.

Baca juga: Heboh Deklarasi FPI Versi Baru di Bandung Barat, Ternyata di Sini Lokasinya, Kades: Pengajian Biasa

Selain itu, pihaknya juga tidak bisa melakukan pembinaan secara langsung terhadap orang ataupun organisasi yang belum terdaftar di Kesbangpol Bandung Barat

"Selama ini kita belum menerima pengajuan legalitas dari organisasi tersebut, jadi tidak bisa melakukan pembinaan secara langsung," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Front Persaudaraan Islam (FPI) menggelar deklarasi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan diikuti massa memakai pakaian berwarna putih di sebuah ruangan.

"Pada tahun 2021, kami pengurus DPD, DPW, DPC beserta save juang Front Persaudaraan Islam se-Jawa Barat dari 27 kabupaten dan kota serta para alim ulama habaib dan para aktivis keadilan sejahtera Jawa Barat, mendeklarasikan kendaraan baru perjuangan umat Islam Jawa Barat," ujar seorang pria dalam video tersebut dihadapan sejumlah massa.

Pria dalam video itu juga menyebutkan, bahwa tujuan deklarasi tersebut untuk membela agama, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan nama Front Persaudaraan Islam Jabar.

"Dengan lambang dan ketentuan yang akan diberitahukan kemudian. Demikian deklarasi ini kami sampaikan, tulus dan ikhlas," katanya. 

Diakhir video, pria yang berbicara melalui pengeras suara itu menyebutkan, daerah Bandung Barat dan 28 Muharam 1443 hijriah bertepatan dengan 5 September 2021 masehi dan kemudian diakhiri dengan takbir.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved