Breaking News:

Diburu Dari Eropa Hingga Amerika, Superfood Daun Kelor Bisa untuk Diabetes, Berikut Manfaat Lainnya

Belakangan daun kelor yang manfaatnya banyak ini menjadi incaran orang, hebatnya daun kelor diinvar di sejumlah negara di Eropa dan Amerika

Editor: Siti Fatimah
Ilustrasi daun kelor (shutterstock)
manfaat daun kelor 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Daun kelor banyak dijumpai di Indonesia. Bahkan tanaman ini terkadang tumbuh liar alias tak ada yang memelihara. Meski begitu, tanaman kelor ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Bahkan disebut-sebut merupakan superfood.

Belakangan daun kelor yang manfaatnya banyak ini menjadi incaran orang, hebatnya daun kelor diinvar di sejumlah negara di Eropa, Timur Tengah hingga Amerika Serikat.

Tak ayal, banyak orang berinsting bisnis tajam memanfaatkan daun kelor ini untuk diolah dan dikemas.

Baca juga: Banyak Tumbuh di Indonesia, Daun Kelor Atasi Malnutrisi di Afrika, Berikut Manfat Dahsyat Lainnya

Termasuk dilakukan oleh seorang pengusaha daun kelor dari Blora, Jawa Tengah yang kini omsetnya miliaran rupiah.

Dikutip dari Kompas.Com, tingginya minat pasar global pada superfood ini disampaikan pengusaha daun kelor beromzet miliaran rupiah asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi. Sejak 2011, pria yang akrab disapa Kang Dudi ini mulai membudidayakan daun kelor sebagai produk pemberian makanan tambahan (PMT) untuk mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi di wilayah Blora dan Nusa Tenggara Timur.

“Kelor sudah digunakan di banyak negara yang menderita malnutrisi, stunting, yang kemudian sudah lepas dari masalah itu. Kelor diakui WHO dan FAO mampu menangani malnutrisi,” jelas Dudi saat ditemui Kompas.com, di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Sabtu (5/9/2021).

Penemu Moringa Nutrition Lock Methods atau metode pengunci nutrisi kelor ini menyebutkan, tanaman kelor cocok ditanam di wilayah berlimpah sinar matahari seperti Indonesia.

Namun, ia mewanti-wanti agar pengolahan bahan alami ini harus tepat agar kandungan nutrisinya konsisten dan tidak jadi bumerang untuk kesehatan.

Perlu diketahui, superfood adalah pangan fungsional yang bernilai gizi tinggi dan kaya antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Daun kelor
Daun kelor (Web)

Halaman
1234
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved