Breaking News:

Pengidap Diabetes, Jaga dan Turunkan Gula Darah dengan 7 Buah dan Sayuran Ini

Lantas buah dan sayuran apa yang aman untuk penderita diabetes? ini adalah bahan pangan alami yang bisa menstabilkan gula dalam darah

Editor: Seli Andina Miranti
Tribunjabar.id/Kisdiantoro
Buah jeruk kaya akan manfaat untuk kesehatan. 

TRIBUNJABAR.ID - Kondisi gula darah tinggi berbahaya terutama bagi orang dengan penyakit diabetes. Para penderita diabetes harus selalu mengontrol gula darahnya.

Untuk itu, asupan makanan pun harus dijaga agar gula darah tetap terkontrol.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi asupan makanan dan minuman serba manis.

Selain itu, penderita diabetes pun bisa mengonsumsi bahan makanan yang dapat menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah.

Baca juga: Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Pakai Daun Sirih, Minum Air Rebusannya, Rasakan Manfaatnya

Beberapa bahan makanan yang dapat digunakan untuk mengontrol gula darah adalah buah-buahan dan sayuran. Namun, tak semua buah-buahan dan sayuran aman untuk penderita diabetes.

Dilansir dari Kompas.com, buah-buahan tentunya, banyak yang mengandung karbohidrat dan zat gula alami yang bisa menaikkan gula darah. Seperti pisang, semangka, nanas, anggur juga buah pir.

Lantas buah dan sayuran apa yang aman untuk penderita diabetes? Dilansir dari Healthline, ini adalah bahan pangan alami yang bisa menstabilkan gula dalam darah:

1. Brokoli

Ketika dipotong dari tangkai utamanya, atau ketika dikunyah oleh rongga mulut, brokoli mengeluarkan sulforaphane, yaitu senyawa yang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula di dalam darah.

Studi yang dilakukan terhadap binatang menunjukkan bahwa senyawa yang cukup banyak terdapat pada brokoli ini memang efektif digunakan sebagai sumber nutrisi anti diabetes.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved