Breaking News:

Miris, Kelamaan Belajar di Rumah, Murid Kelas 4 SD Sampai Lupa Cara Membaca, Ketahuan Saat PTM

Dampak terlalu lama masa PJJ, dua siswa kelas 4 SD di Cianjur sampai lupa cara membaca.

Editor: taufik ismail
Ilustrasi membaca buku. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Efek pandemi Covid-19 terasa sangat nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Tak semua murid bisa menerima cara belajar secara daring. 

Di Cianjur, bahkan ada cerita memprihatinkan yang datang dari seorang murid sekolah dasar. Dua murid kelas empat diketahui lupa cara membaca saat pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah kembali dimulai, Senin (6/9/2021).

Kedua murid di SD negeri di pusat kota Cianjur itu mengaku lupa lagi cara membaca saat guru mereka melakukan tes baca untuk semua murid.

Satu di antaranya kemudian kembali bisa mengeja meski terpatah-patah setelah dibantu oleh gurunya. Namun, satu lainnya benar-benar sudah lupa cara membaca.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Himam Haris, mengatakan Disdik dan para guru di sekolah tersebut langsung melakukan penelusuran begitu tahu ada murid kelas empat yang lupa kembali cara membaca saat PTM, kemarin.

Disdik, kata Himam, juga langsung memerintahkan para guru di sekolah itu untuk segera memetakan permasalahan dan mengunjungi rumah dari murid tersebut.

"Murid kelas 4 sekolah dasar itu lupa cara membaca karena kelamaan di rumah. Setelah kami telusuri ternyata ibunya sehari-hari bekerja dan ayahnya sudah meninggal, jadi tak ada yang memperhatikannya saat belajar di rumah," ujar Himam saat ditemui di SMKN 1 Cianjur, Senin (6/9/2021).

Himam mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Ia juga telah memerintahkan guru-guru di semua sekolah dasar untuk mengecek kondisi murid-muridnya.

"Khawatirnya ini ada lagi kasus serupa," ujar Haris.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved