Breaking News:

Bantu Penyembuhan Pasien Covid-19, Personel Ditpolairud Polda Jabar Antusias Donor Plasma Konvalesen

Sejumlah personel Ditpolairud Polda Jabar mendatangi PMI Kabupaten Cirebon di Jalan Otista, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/9/2021).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNCIREBON.COM/AHMAD IMAM BAEHAQI
Personel Ditpolairud Polda Jabar saat mendonorkan plasma konvalesen di PMI Kabupaten Cirebon di Jalan Otista, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sejumlah personel Ditpolairud Polda Jabar mendatangi PMI Kabupaten Cirebon di Jalan Otista, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/9/2021).

Mereka tampak memasuki ruangan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cirebon kemudian mengikuti serangkaian pemeriksaan.

Rupanya, para personel yang merupakan penyintas Covid-19 tersebut hendak mendonorkan plasma darahnya untuk membantu pengobatan pasien terpapar virus corona.

Saat itu, petugas PMI terlihat memeriksa kondisi para personel sebelum mengarahkan untuk memasuki Ruang Apheresis dan diambil plasma konvalesennya.

Direktur Polairud Polda Jabar, Kombes Pol Widihandoko, mengatakan, terdapat 22 personel yang kali ini mengikuti donor plasma konvalesen.

Menurut dia, mereka telah diambil sampel darahnya dan dinyatakan memenuhi persyaratan untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Ada 24 personel yang mengikuti seleksi, namun hanya 22 personel yang dinyatakan lolos," kata Widihandoko saat ditemui seusai kegiatan.

Ia mengatakan, kegiatan kali ini merupakan kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-69.

Kegiatan tersebut digelar serentak oleh Satpolair Polres jajaran Polda Jabar. Selain itu, donor plasma konvalesen digunakan untuk terapi plasma pasien Covid-19.

Bahkan, mentode terapi plasma itupun terbukti mempercepat proses penyembuhan pasien yang terpapar Covid-19.

"Kebutuhan plasma konvalesen cukup tinggi, sehingga kontribusi dari para personel ini sangat dibutuhkan untuk pengobatan pasien," ujar Widihandoko.

Pihaknya bersyukur personel Ditpolairud Polda Jabar yang menjadi penyintas Covid-19 antusias mendonorkan plasma darahnya.

Widihandoko berharap, seluruh masyarakat yang pernah terpapar Covid-19 turut mengikuti langkah para personel untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Kami juga mendorong para personel rutin mendonorkan plasma kembali ke PMI Kabupaten Cirebon, karena bisa dilakukan dua minggu sekali," kata Widihandoko. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved