Bandung Ketambahan 50 Ribu Warga Miskin Baru, Tak Dapat Bansos Karena Tak Masuk DTKS

Menurutnya, jumlah warga miskin baru tersebut tak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang jumlahnya tercatat 139 ribuan.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Ravianto
ist/sriwijaya post
Ilustrasi warga miskin. Sebanyak 59.700 orang tercatat sebagai warga miskin baru di Kota Bandung selama pandemi Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 59.700 orang tercatat sebagai warga miskin baru di Kota Bandung selama pandemi Covid-19.

Data ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, jumlah warga miskin baru tersebut tak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang jumlahnya tercatat 139 ribuan.

Dia menyebut bahwa catatan jumlah warga miskin baru ini benar-benar hasil dari verifikasi dan usulan dari kewilayahan yang ada di Bandung.

"DTKS itu data yang benar-benar perubahannya sangat cepat. Saya sampaikan juga saat ini sasaran kami ialah yang non DTKS yang jumlahnya sebanyak 59.700 orang."

"Jumlah itu sudah kami salurkan bansos yang masing-masing KK dapatkan senilai Rp 500 ribu," katanya melalui virtual.

Dinsos Kota Bandung, lanjut Tono, sudah berupaya menanggulangi kemiskinan dengan lima program, salah satunya melalui program bantuan kedaruratan yang kemarin disalurkan Rp 500 ribu per KK, program perlindungan sosial, pusat kesejahteraan sosial (puskesos), hingga program keluarga harapan (PKH). 

"Warga miskin paling banyak itu ada di beberapa wilayah, yakni Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler (1.235 KK), Kelurahan Babakan Tarogong, Kecamatan Bojongloa Kaler (1.186 KK), Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu (1.053 KK), dan Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay (1.017 KK)," katanya.

Penyaluran bansos yang per KK Rp 500 ribu, kata Tono sudah selesai dengan persentase sekitar 99,62 persen. Sisa KK yang belum mendapatkan bansos PPKM ini ialah sebanyak 306 KK. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved