PAUD dan TK di Bandung Boleh Pembelajaran Tatap Muka, tapi Tiap Kelas Hanya Isi 6 Siswa

Menurutnya, 330 sekolah itu dua bulan lalu sempat lakukan uji coba dengan kapasitas 20 persen-25 persen siswa.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Ravianto
tribunjabar.id
Ilustrasi belajar tatap muka. PTM di jenjang TK/PAUD yang membutuhkan perhatian khusus serta dirasa masuk dalam kelompok rentan, sehingga pelaksanaan PTM di TK/PAUD jumlah siswa per kelas hanya enam orang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah akan digelar pada 8 September 2021 dengan terlebih dahulu dilakukan sebanyak 330 sekolah, terdiri dari 65 PAUD/TK, 99 SD, 42 SMP, 46 SMA dan SLB, 20 SMK, dan 58 Depag.

Menurutnya, 330 sekolah itu dua bulan lalu sempat lakukan uji coba dengan kapasitas 20 persen-25 persen siswa dan dinyatakan lolos oleh satgas tingkat kecamatan.

Namun, 330 sekolah itu tidak berarti secara otomatis lakukan PTMT, melainkan harus ada maksimal kapasitas siswa 50 persen dengan jam belajar hanya dua jam dengan dua pelajaran.

"Kami meminta tak boleh dipisahkan antara kelompok anak yang PTM dengan kelompok anak daring. Sebab, PTMT juga mendapatkan layanan PJJ (pembelajaran jarak jauh)," katanya di Pendopo, Senin (6/9/2021).

Dalam pelaksaan PTMT ini, Cucu menyebut sesuai dengan SKB 4 Menteri, Inmendagri, dan Perwal Kota Bandung nomor 83 yang mengharuskan sekolah-sekolah siap dari segi desain kurikulum, infrastruktur protokol kesehatan, dan kesiapan guru.

"Saat PTM itu guru yang mengajar hanya guru yang sudah divaksin. Di Kota Bandung sudah ada 34 ribu guru yang divaksin."

"Lalu, PTM juga harus siap orangtua siswa beserta anaknya (siswa). Orangtua jangan ragu atau takut kalau memang belum yakin dengan pelaksanaan PTM, karena semua pun mendapat layanan belajar bisa dengan PJJ," katanya.

Ketika ditanyakan terkait pelaksanaan PTM di jenjang TK/PAUD yang membutuhkan perhatian khusus serta dirasa masuk dalam kelompok rentan, Cucu menyebut pelaksanaan PTM di TK/PAUD jumlah siswa per kelas hanya enam orang.

"Sepanjang orangtua izinkan (PTM) ya berjalan. Lalu, setiap harinya belajar hanya dua jam serta pertimbangkan PTM dengan indoor jangan outdoor," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved