Breaking News:

Para Kicau Mania Sulit Melukiskan Senangnya Pelihara Burung, Tidak Bisa Dihitung dengan Uang

TRIBUNJABAR.ID - KASTROY (35), Ozi (31), Iday (45), dan Yudi (44) mengaku memelihara burung karena hobi. Mereka mengaku susah menggambarkan senangnya

Editor: Januar Pribadi Hamel
TRIBUN JABAR/JANUAR P Hamel
Mereka ikut gantang (kontes burung) di Taman Bukit 21 Kompleks Bukit Mekar Indah RW021, Cimekar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (22/9). 

TRIBUNJABAR.ID - KASTROY (35), Ozi (31), Iday (45), dan Yudi (44) mengaku memelihara burung karena hobi. Mereka mengaku susah menggambarkan senangnya memilihara burung kesayangannya.

"Saya awalnya dibawa teman. Saya awalnya menyukai burung anis merah. Saya membelinya Rp 500 ribu terus diikutkan latihan bareng, jadi juara. Dari sana saya semakin terpacu memelihara burung," kata Yudi.

Dari sana, kata Yudi, burungnya terus bertambah. "Tadinya sering ikut gantang. Tapi sejak ada ide membuka lapang sendiri, saya berhenti ikut gantang, waktunya juga habis untuk kita," katanya.

Anggota komunitas kicau mania cucak ijo Bantrok berpose bersama.
Anggota komunitas kicau mania cucak ijo Bantrok berpose bersama. (TRIBUN JABAR/JANUAR P HAMEL)

Kastroy mengaku tak bisa menghitung dengan pasti biaya untuk memelihara burung. "Relatif biayanya. Ini, kan, hobi jadi tidak bisa dihitung dengan uang," kata Kastroy.

Iday pun sependapat. Menurutnya memelihara burung itu tergantung kepada burung dan pakan yang diberikan. "Kami juga harus menyediakan suplemen dan vitamin," kata Iday yang berprofesi guru ini.

Bantrok

KASTROY (35), Ozi (31) dan Iday (45) memperhatikan burungnya di luar arena. Pandangnnya tidak luput dari burung cucak hijau (Chloropsis Sonnerati) yang tengah mengikuti perlombaan.

Kastroy, Ozi, dan Iday adalah penggemar burung Cucak Hijau. Mereka tergabung dalam komunitas kicau mania cucak ijo  Bantrok atau Bandung Ngentrok.

Yudi dan Gugun, pantia gantang  di Taman Bukit 21 Kompleks Bukit Mekar Indah RW 021, Cimekar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (22/8).
Yudi dan Gugun, pantia gantang di Taman Bukit 21 Kompleks Bukit Mekar Indah RW 021, Cimekar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (22/8). (TRIBUN JABAR/JANUAR P HAMEL)

Mereka ikut gantang (kontes burung) di Taman Bukit 21 Kompleks Bukit Mekar Indah RW021, Cimekar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (22/9).

Mereka ikut gantang (kontes burung) di Taman Bukit 21 Kompleks Bukit Mekar Indah RW021, Cimekar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (22/9). (TRIBUN JABAR/JANUAR P Hamel)
Bantrok adalah komunitas kicau mania cucak ijo. Komunitas ini terbentuk pada 2015.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved