Breaking News:

3 Tahun Menjabat, Pakar Minta Ridwan Kamil-Kang Uu Fokus Tangani Ini, Harus Konsisten Slogan "Juara"

Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum telah genap tiga tahun memimpin Provinsi Jawa Barat

Biro Adpim Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil - Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum telah genap tiga tahun memimpin Provinsi Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum telah genap tiga tahun memimpin Provinsi Jawa Barat. Sama seperti para pemimpin di daerah atau bahkan belahan dunia lainnya, Pasangan Gubernur Jabar dan Wakil Gubernur ini pun mendapat hantaman pandemi Covid-19.

Pakar Hukum Tata Negara Asep Warlan Yusuf mengatakan pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi program-program atau visi dan misi yang direncanakan di awal jabatan Gubernur Jabar dan Wakil Gubernur Jabar ini.

Sejumlah program harus dibatalkan demi mengalihkan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: Ridwan Kamil Datang Ke Hajatan Leslar, Lesty Langsung Minta Foto Bareng

"Kalau dilihat dari pencapaian visi misi atau janji, sudah banyak dipenuhi. Saya bukannya mengapresiasi, atau menunjukkan keberhasilan. Tapi memang fakta menunjukkan bahwa visi misi program itu yang disebut sebagai sebagai janji kampanyenya sejauh ini terlaksana," kata Asep melalui ponsel, Senin (6/9).

Guru Besar Universitas Katolik Parahyangan ini pun mengatakan namun ada sejumlah catatan mengenai target-target sebelumnya yang dialihkan untuk penanganan Covid-19. Hal tersebut pun sudah disetujui DPRD Provinsi Jawa Barat.

Ridwan Kamil tinjau Gasibu.
Ridwan Kamil tinjau Gasibu. (Istimewa)

"Dengan adanya Covid-19, beberapa janji-janji yang sudah disiapkan ternyata memang banyak yang diubah atau banyak yang dihentikan. Karena anggarannya kan beralih, difokuskan ke Covid-19. Ini dialami semua gubernur di Indonesia. Memang problem mereka itu adalah di anggaran karena ada refocusing kepada Covid-19," katanya.

Asep merinci pembangunan sejumlah infrastruktur yang anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19 adalah pembangunan gedung kebudayaan, sarana publik dan olahraga, sampai akses jalur tol.

"Tapi secara umum hemat saya dari janji kampanye sudah dijalankan," katanya.

Baca juga: 60 Persen Warga Jabar Alami Tekanan Jiwa Selama Pandemi, Begini Rencana Gubernur Ridwan Kamil

Hal kedua yang bernilai plus dari pasangan ini, katanya, adalah hubungan kerja atau dinas antara Ridwan Kamil dengan Uu Ruzhanul Ulum yang baik sejak awal. Keduanya kompak saling mengisi berbagai program dan agenda kedinasan.

"Pak Gubernur dengan wakilnya bagus, begitu. Sehingga pemerintahan berjalan dengan baik, harmonis. Karena kalau pimpinannya kompak, pemerintahan akan dijalankan dengan harmonis dan bagus," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved