Breaking News:

Padalarang Juga Akan Terapkan Ganjil Genap Saat Akhir Pekan, Untuk Kendaraan Masuk Bandung Raya

Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) berencana untuk menerapkan sistem ganjil genap di daerah Padalarang pada akhir pekan

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Polisi saat melakukan penyekatan di Padalarang. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) berencana untuk menerapkan sistem ganjil genap di daerah Padalarang pada akhir pekan untuk mengurangi arus masuk kendaraan ke daerah Bandung Raya.

Kepala Dinas Perhubungan KBB Lukmanul Hakim, mengatakan, wacana tersebut akan dibahas terlebih dahulu bersama Polres Cimahi dan Plt Bupati Bandung Barat karena pelaksanaan ganjil genap juga memerlukan regulasi berupa Peraturan Bupati (Perbup).

"Dalam rapat bersama Polres Cimahi itu akan ditentukan ruas jalan maupun panjang jalan yang akan diberlakukan ganjil genap di Padalarang," ujarnya saat dihubungi, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Masuk Bandung Tak Bisa Lagi Seenaknya, Ada Aturan Ganjil Genap di Setiap Pintu Masuk Menuju Bandung

Namun hingga saat ini, Lukman belum bisa memastikan kapan aturan ganjil genap itu akan diberlakukan, termasuk ruas jalannya, tetapi rencananya aturan tersebut akan diterapkan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Belum pasti, di Gerbang Tol Padalarang atau di Jalan Raya Padalarang. Soalnya, wacana ganjil genap itu dimunculkan oleh Polres Cimahi. Makanya, kami tindaklanjuti dengan rapat di Polres," kata Lukman.

Petugas saat melakukan penyekatan saat PPKM Darurat di Padalarang Kabupaten Bandung Barat ( KBB ), Selasa (6/7/2021).
Petugas saat melakukan penyekatan saat PPKM Darurat di Padalarang Kabupaten Bandung Barat ( KBB ), Selasa (6/7/2021). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Selain itu, pihaknya juga belum ada rencana untuk menerapkan daerah Bandung Barat yang lain, termasuk di kawasan Lembang yang merupakan daerah wisata meskipun volume kendaraan di Lembang telah mengalami peningkatan. 

"Sementara ini baru Padalarang yang diwacanakan bakal diberlakukan sistem ganjil genap bagi kendaraan, yang itu pun masih belum bisa dipastikan," ucapnya.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap di Lima Tol Kota Bandung Mulai Besok, Wali Kota: Itu Seninya Hadapi Covid-19

Menurutnya, sistem ganjil genap tersebut tidak bisa diterapkan di semua jalan di Bandung Barat karena pola jalannya linear, sehingga tidak mudah untuk menggelar rekayasa lalu lintas.

"Karena jalan yang lurus akan menyulitkan untuk kendaraan berputar balik. Jadi memang pertimbangan pola jalan di Bandung Barat itu kebanyakan linier, tidak grid seperti di Kota Bandung atau Cimahi," kata Lukman.

Jika kondisi jalannya grid, kata Lukman, nantinya ketika ada penyekatan, kendaraan bakal ada yang diputar balik, namun harus dipikirkan juga ke mana alternatif jalur untuk mengalirkan kendaraan tersebut.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved