Breaking News:

Banyak Tumbuh di Indonesia, Daun Kelor Atasi Malnutrisi di Afrika, Berikut Manfat Dahsyat Lainnya

Daun kelor banyak memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan hingga daun ini dimanfaatkan untuk atasi malnutrisi di Afrika

Editor: Siti Fatimah
Web
Daun kelor 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Fakultas Farmasi UNAIR mengadakan pengabdian masyarakat melalui webinar yang bekerja sama dengan IAI PC Sumba Timur secara daring, pada Sabtu, (28/8/2021).

Webinar yang berjudul “Pemanfaatan Bahan Kimia Alam Dalam Pemeliharaan Kesehatan Menghadapi Pandemi Covid-19” dihadiri oleh dua narasumber dari Fakultas Farmasi UNAIR yaitu, Prof. Dr. Apt. Djoko Agus Purwanto, M.Si. dan Prof. Dr. Apt. Mangestuti Agil., M. S.

Dikutip dari laman resmi Unair, salah satu materi yang disampaikan adalah pola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19 oleh Prof. Dr. Apt. Mangestuti Agil., M. S.

Baca juga: 4 Manfaat Daun Kelor, Cegah Penyakit Mematikan di Indonesia Hingga Untuk Daya Tahan Tubuh

Prof. Mangestuti menyampaikan pola hidup sehat bisa dicapai dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah di dapat. Tidak selalu bergantung pada suplemen atau vitamin yang mahal.

“Di Kabupaten Sumba Timur, terdapat rempah herbal yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan, yaitu Moringa oleifera atau kelor. Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur ada tanaman Morinda citrifolia atau noni,” ujar Prof. Mangestuti.

manfaat daun kelor
manfaat daun kelor (Ilustrasi daun kelor (shutterstock))

Kelor digunakan untuk mengatasi malnutrisi di negara lain seperti Afrika.

Daun kelor kaya dengan kandungan beta-carotene, vitamin C, vitamin E, dan polifenol menjadikannya sebagai sumber alami antioksidan.

Baca juga: Deretan Manfaat Daun Kelor, Bisa Membantu Menyembuhkan Diabetes hingga Nyeri sendi

Berdasarkan riset, kelor dilaporkan mempunyai sifat anti radang. Anti-cancer, hepatoprotective (pelindung organ hati), dan neuroprotective (pelindung syaraf). 

Lebih lanjut Prof. Mangestuti menyampaikan, konsumsi kelor dapat dilakukan dengan membuat masakan sayur bening, sayur asam, atau daun kering kelor digunakan sebagai teh.

Tidak hanya kelor, tanaman noni juga bermanfaat sekali untuk menjaga Kesehatan. Berdasarkan artikel jurnal yang ada, noni dikatakan bersifat antioksidan, anti radang, anti viral (virus), anti fungi (jamur), penyembuh luka, dan dapat mengurangi nyeri (analgesic).

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved