Breaking News:

Kadisnaker Kabupaten Bandung: Jaminan Sosial Ciptakan Masyarakat Sejahtera

BPJS Kesehatan Cabang Soreang yang diwakili oleh Aditya Yuli Prasetya memaparkan bahwa Program JKN-KIS mengusung konsep gotong royong

Editor: bisnistribunjabar

TRIBUNJABAR.ID Soreang, Jamkesnews — BPJS Kesehatan Cabang Soreang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Soreang melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Soreang menggelar kegiatan sosialisasi Jaminan Sosial kepada pelaku usaha Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) se Kabupaten Bandung, Senin (23/8). Kegiatan ini dihadiri pula oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan program-programnya.

"Tertuang dalam Undang-Undang No 40 Tahun 2004 bahwa bahwa setiap orang berhak atas jaminan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur," ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung, Rukmana saat menyampaikan sambutannya. 

Rukmana menjelaskan banyak manfaat yang didapatkan dengan ikut serta dalam program pemerintah dalam jaminan sosial diantaranya jaminan kesehatan yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. 

"Jadi saya harap seluruh peserta yang hadir dalam kesempatan ini, menyimak secara seksama agar bukan hanya mengetahui tetapi juga memahami hak dan kewajiban sebagai pemberi kerja dalam program pemerintah khususnya di jaminan sosial. Dengan memberikan jaminan sosial kepada pekerja diharapkan pekerja lebih nyaman, tenang, dan diharapkan produktif dalam bekerja sehingga meningkatkan kesejahteraan pekerja," tambah Rukmana.

Di akhir penyampaiannya, Rukmana mengajak kepada seluruh peserta untuk berperan aktif dalam menyukseskan program pemerintah, ikut serta dalam program jaminan sosial dengan mendaftarkan diri sebagai peserta dan para pekerja berserta keluarga. Sehingga kedepannya diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Bandung sejahtera, sesuai dengan visi misi Kabupaten Bandung yaitu Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS).

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Soreang yang diwakili oleh Aditya Yuli Prasetya memaparkan bahwa Program JKN-KIS mengusung konsep gotong royong, sehingga butuh peran seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta agar keberlangsungan program ini terjaga.

"Dengan menjadi peserta JKN-KIS, membuka seluas-luasnya akses masyarakat ke fasilitas kesehatan. Dimana sebelum ada Program JKN-KIS masyarakat yang sakit takut ke fasilitas kesehatan karena membayangkan biaya yang mahal, dengan hadirnya program ini hal tersebut tidak terjadi lagi karena dengan Kartu JKN-KIS, peserta sudah dijamin pengobatannya oleh BPJS Kesehatan," terang Adit.

Untuk masa pandemi Covid-19 saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Soreang mengembangkan beberapa teknologi informasi dalam melayani peserta JKN-KIS yaitu Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) di Nomor 081224668680, antrean online peserta (Alita) yang dapat diakses melalui link https://bit.ly/AntrianOnlineSoreang, dan juga Layanan Drive Thru.

"Diharapkan dengan beberapa inovasi ini, kepuasan peserta dalam pelayanan Administrasi di BPJS Kesehatan dapat meningkat karena layanan dapat diakses dengan cepat, tepat dan akurat," tutupnya. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved