Breaking News:

BNI Dukung Program Petani Milenial Jawa Barat

BNI juga menghadirkan program BNI Xpora. Program ini sebagai inovasi bagi para pelaku UMKM di Indonesia

Editor: bisnistribunjabar

TRIBUNJABAR.ID GARUT, TRIBUN - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus mendukung program pemerintah, terutama dalam bidang pertanian. Sejak masuk ke bisnis pertanian dan perkebunan pada 2016, hingga kini BNI telah menyalurkan dana sebesar Rp 500 miliar untuk bidang pertanian dan perkebunan di Jawa Barat.

Pemimpin Bank BNI Kantor Wilayah (Kanwil) 04 Bandung Edy Awaludin mengatakan jumlah tersebut sebagai bentuk kepedulian BNI dalam meningkatkan sektor pertanian, termasuk perkebunan, tanaman, pangan, kelautan dan perikanan.

“Sektor pertanian ini memang baru kami masuki, tidak lama memang tapi kami sudah salurkan kurang lebih Rp 500 miliar untuk pertanian dan perkebunan, itu di Jawa Barat saja. Kalau di Indonesia sudah cukup besar," ujarnya saat meresmikan program pertani milenial bidang perkebunan di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Selasa (31/8).
Tidak hanya bekerja sama di sektor pertanian dan perkebunan, BNI juga membuka kerja sama dengan dinas lain untuk mencapai tujuan bersama yakni menjadikan Jawa Barat juara.

"Dengan dinas-dinas lain juga kami melakukan kerja sama untuk mengembang-kan Jawa Barat menjadi provinsi juara," katanya.

BNI0109B
 

Edy mengatakan, pihaknya juga telah melaksanakan program smart farming yang berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian RI pada bulan Maret di Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupa-ten Bandung.

Kolaborasi tersebut melibatkan petani milenial sebagai upaya untuk meningkatkan produksi juga sebagai efisiensi usaha hingga pemasaran dan masa depan petani Indonesia.
"Jadi kami sangat mendukung petani milenial dan mengajak mereka untuk turut serta mengembangkan bisnis-bisnis yang terkait dengan pertanian dan perkebunan. Untuk mendukung ini kami juga sudah banyak berkontribusi untuk memberikan kredit kepada teman-teman milenial," kata Edy.

Selain mendukung program petani milenial, BNI juga menghadirkan program BNI Xpora. Program ini sebagai inovasi bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk bisa memperluas bisnis hingga ke pasar luar negeri.

Xpora disiapkan untuk memberikan solusi keuangan yang terintegrasi dan akan menjadi Orkestrator UMKM yang akan mempertemukan UMKM Indonesia dengan calon pembeli di luar negeri.

"Xpora ini adalah ekspor dan diaspora, jadi kami menghubungkan dengan pembeli yang ada di luar negeri, misalnya di London, Hongkong, Korea, Tokyo, dan New York misalnya, sehingga teman-teman eksportir bisa berkembang menjadi lebih baik," kata Edy.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhalul Ulum berterimakasih kepada BNI yang telah memberikan kemudahan dalam penyaluran kredit bagi para petani khususnya di Jawa Barat.
Menurut Uu, dulu saat ia menjadi Bupati Tasikmalaya sering mendapat keluhan dari para petani karena kesulitan mendapatkan modal usaha dari perbankan.

"Kami sangat berterimakasih kepada Bank BNI, dulu saya ingat petani sering ditolak perbankan dengan alasan tidak punya prospek. Tapi syukur alhamdulillah BNI hari ini memberikan bantuan pendam-pingan untuk para petani termasuk petani milenial, hatur nuhun," katanya.

Uu meyakini dengan lahirnya perusahan-perusahaan berpelat merah termasuk perbankan dalam membantu petani akan membuat peningkatan ekonomi dan daya beli masyarakat bisa stabil.

"Hari ini terjawab sudah terutama BNI sudah hampir Rp 500 miliar menggelon-torkan dananya untuk para petani," ujarnya. (sidqi al ghifari/adv)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved