Breaking News:

Teten Masduki Bilang Intelejen Seperti Ini Penting Untuk UMKM Berkembang Hingga Kuasai Pasar Dunia

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mencontohkan para pelaku UMKM di Cina  yang mendapat dukungan e-commerce serta besar intelijen pasar.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KEMAL SETIA PERMANA
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Penguasaan dan penggunaan market intelligence (intelijen pasar) bagi pelaku usaha, termasuk palaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),  saat ini dianggap sangat penting.

Hal ini terutama untuk meningkatkan kemampuan bersaing dalam pasar global khususnya e-commerce.

Hal ini diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, dalam Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya 2021 (SNIA21) ke-5 yang diinisiasi oleh Jurusan Informatika, Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Selasa (31/8/2021).

"Untuk meningkatkan daya saing, kita harus bantu pelaku UMKM kita baik yang online maupun offline dengan market intelejen ini" ujar Teten. 

Teten mencontohkan para pelaku UMKM di Cina  yang mendapat dukungan e-commerce serta besar intelijen pasar.

Pelaku UMKM Cina dibantu melakukan survei barang apa saja yang dibutuhkan oleh negara yang dituju secata detail  dan setelah itu mereka memproduksi barang dalam jumlah besar melalui jejaring UMKM yang dimiliki untuk melakukan penetrasi pasar di negara tujuan.

"Hal ini belum terjadi di Indonesia, sehingga saya berharap kepada e-commerce Indonesia termasuk universitas untuk bisa melakukan hal tersebut," katanya.

Teten menekankan bahwa dengan penguasaan sumber daya informasi serta dukungan market intelijen ini, maka sejumlah persoalan yang selama ini menjadi persoalan bagi pelaku UMKM di Indonesia seperti keterbatasan permodalan, keterbatasan teknologi bisa teratasi maupun pengiriman barang bisa teratasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved