Breaking News:

Stunting pada Anak Tak Bisa Disembuhkan, Tapi Bisa Dicegah, Begini Caranya

Untuk mencegah terjadinya stunting, diperlukan pencegahan mulai dari hulu, yaitu pemberian tablet penambah darah minimal satu bulan sekali.

Penulis: Tiah SM | Editor: Hermawan Aksan
diskes.jabarprov.go.id
Ilustrasi stunting 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Stunting akibat kekurangan asupan gizi kronis tidak bisa disembuhkan.

Itu sebabnya ibu yang sedang hamil sangat penting mengonsumsi protein dan sumber energi.

Stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya.

Ketua Pokja IV TP PKK Kota Bandung/Penaggung Jawab Program Gerakan Bandung Tanginas, Eulis Sumiyati, mengatakan, stunting tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dicegah sejak kehamilan 0 hari hingga melahirkan.

"Ibu hamil harus bisa mencegah stunting bayinya dengan makanan asupan gizi selama seribu hari pertama kehidupan (HPK)," ujar Euis di acara Bandung Menjawab secara virtual, Selasa (31/8/2021).

Anak yang sudah telanjur stunting tetap harus diberi asupan gizi yang seimbang dan stimulasi tumbuh kembang dengan pemantauan terus oleh tim penggerak PKK dan Dinkes.

Untuk mencegah stunting Pemkot Bandung berupaya meningkatkan akses sanitasi Kota Bandung melalui percepatan kelurahan ODF (Open Defecation Free).

"Pengawasan berat badan melalui kelompok timbangan dan pantau berkala. Edukasi pemberian ASI eksklusif, tambah darah, bagaimana edukasi pentingnya seribu HPK, sanitasi, pola asuh, dua intervensi sedang dilakukan," tambah Euis.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung, Nila Avianti, mengatakan, ada tiga poin utama yang memengaruhi terjadinya stunting.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved