Breaking News:

Rektor Unjani: Bisnis UMKM Harus Libatkan Digitalisasi dan Peran Akademisi Agar Pasarnya Lebih Luas 

Usaha mikro kecil dana menengah (UMKM) harus dibantu dalam proses keterlibatan bisnis di era digitalisasi. Jika tidak, UMKM akan sulit bersaing bahkan

TRIBUNJABAR.ID/KEMAL SETIA PERMANA
Rektor Unjani Hikmahanto Juwana 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Usaha mikro kecil dana menengah (UMKM) harus dibantu dalam proses keterlibatan bisnis di era digitalisasi. Jika tidak, UMKM akan sulit bersaing bahkan bisa punah.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani), Hikmahanto Juwana, dalam Seminar NasionalInformatika dan Aplikasi 2021 (SNIA21) yang digelaar secara daring, Selasa (31/08/2021).

Dalam SNIA21 bertemakan 'Peran Data Analytics dalam Pengambilan Keputusan Bisnis untuk Meningktkan Ketahanan UMKM Indonesia', Hikmahanto Juwana menjelaskan bahwa dengan terjun ke bisnis digital, pelaku UMKM akan mampu bersaing memasarkan produk-produk mereka tanpa batas.

"UMKM harus bersahabat dengan dunia digital, sebab saat ini, selain memasarkn produk yang bagus dan bersiang, UMKM juga harus terjun ke dunia digital," ujarnya.

Dengan hadirnya digitalisasi UMKM, kata Hikmhanto, banyak pakar yang menyumbangkan pemikiran-pemikiran.

Dalam SNIA21 ini, banyak akademisi dengan sukarela menyampaikan makalah-makalah mereka dengan sukarela untuk menjadi bahan pembahasan.

"Dulu pemakalah ini diundang pihak universitas, tapi sekarang pemakalah bisaa ikut dalam satu forum ilmiah dimana mereka bisa menyampaikan ide-idenya," katanya.

Hikmahanto Juwana juga berharap SNIA21 yang digagas Fakultas Sains dan Informatika Unjani akan membuat gaung Unjani terasa lebih besar.

Menurutnya, hal ini terkait peran fakultas untuk mengenalkan gaung Unjani tak hanya di Jabar saja, namun juga di seluruh Tanah Air bahkaan global.

"Terlebih isu yang diangkat sangaat relevan di masa pandemi," katanya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pelaksana seminar, Puspita Sabrina, menambahkan seminar ini menghadirkan sejumlah keynote speaker nasional seperti Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UMKM), Bambang Permadi (Komisaris Utama PT Telkom dan Bukalapak), Iim Rusyamsi (Ketua Umum OK OCE Indonesia), Muhammad Ichsan Rahardianto (AVP Engineering-Marketplace Core System Bukalapak), dan Gusti Ayu Putri Saptawati (Wakil Rektor ITB).

"Seminar ini digelar rutin dua tahun sekali dan tahun ini adalah penyelenggaraan kelima," kataa Puspita. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved