Bagaimana Peluang Prabowo Bila Diusung Kembali oleh Partai Gerindra di Pilpres 2024?

Partai Gerindra mengutarakan niatnya untuk kembali mengusung Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden.

Tribunnews.com/Tangkapan Layar Youtube Deddy Corbuzier
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat tampil di Close The Door Podcast bersama Deddy Corbuzier. 

TRIBUNJABAR.ID - Meski Pilpres 2024 masih dua tahun lagi, pembicaraan mengenai tokoh-tokoh yang mungkin muncul menjadi calon presiden sudah mulai terdenar.

Partai Gerindra salah satunya. Partai Gerindra mengutarakan niatnya untuk kembali mengusung Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani saat menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan kantor DPD Gerindra Bangka Belitung, Sabtu (28/8/2021).

Menurutnya, pengusungan kembali Prabowo merupakann upaya untuk memberikan maslahat lebih besar kepada bangsa dan negara.

Baca juga: Survei Terbaru Tunjukkan Elektabilitas PDIP Masih Teratas Disusul Gerindra, Demokrat Urutan Berapa?

"Itu sebabnya, kita semua ingin agar Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Gerindra, Pak Prabowo dalam Pilpres 2024 maju sebagai calon presiden," kata Muzani dalam keterangan tertulis, Minggu (29/8/2021)

"Karena kita ingin memberi bakti yang lebih besar dalam jabatan eksekutif pemerintahan bagi kemaslahatan bangsa dan negara, yakni keadilan kemakmuran untuk semua rakyat Indonesia," tambahnya.

Lantas, bagaimana peluang Prabowo di 2024?

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuskridho Ambardi mengatakan, Prabowo Subianto sudah memiliki rekognisi nama yang tinggi.

Artinya, hampir semua pemilih di Indonesia telah mengenalnya. Rekognisi itu yang menurutnya akan membantu Prabowo mendapatkan dukungan suara.

Tak hanya itu, Prabowo juga dinilai telah memiliki basis pemilih yang besar, karena sudah ikut menjadi peserta pemilu tiga kali.

Hal itu dibuktikan dengan tingginya elektabilitas Prabowo di beberapa lembaga survei terpercaya.

"Oleh karena itu, dia punya kans," kata Dodi, sapaan akrab Kuskridho, kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Gerindra Tolak Anggotanya di DPRD Kuningan Mundur, Gagal Perjuangkan Aspirasi Warga Terdampak Covid

Kompetitor Prabowo

Selanjutnya, selain peluang Prabowo maju di 2024, yang perlu dicermati juga adalah siapa yang akan jadi pasangan dan rivalnya nanti.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved