Breaking News:

Ini Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Ban merupakan salah satu komponen pada bagian sepeda motor yang berperan penting karena dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara

Editor: bisnistribunjabar
Cek tanda keausan ban melalui Tread Wear Indicator (TWI) 

TRIBUNJABAR.ID,- Ban merupakan salah satu komponen pada bagian sepeda motor yang berperan sangat penting karena dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Fungsi lainnya, ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakaturan permukaan jalan dan melindungi roda dari kerusakan.

Ban sepeda motor terbagi ke dalam dua jenis, Tube tire dan Tubeless. Tube tire adalah ban yang masih menggunakan ban dalam, kelebihannya ban ini bisa digunakan pada berbagai macam jenis velg baik Cast Wheel (CW) atau Spoke Wheel (CW). Sedangkan Tubeless adalah jenis ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam.

Usia pakai ban motor mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara
Usia pakai ban motor mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara

Kondisi ban yang sudah aus dapat menyebabkan daya cengkram yang kurang maksimal sehingga akan mengganggu perjalanan bahkan tidak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain. Disarankan agar ban sepeda motor tidak cepat aus dan rusak maka perlu memperhatikan beberapa poin. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan kendaraan tetap aman dan nyaman :

1. Cek Keausan Ban

Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka sangat disarankan untuk segera diganti. “Karena ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara, sehingga menghindari potensi risiko kecelakaan di jalan raya,” ujar Ade.

2. Jarak Batas Pemakaian

Ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Sebaiknya, jika sudah mencapai batas pemakaian 12.000 km segera ganti ban dengan yang baru. Namun angka tersebut bukan angka yang pasti, karena usia ban akan dipengaruhi dengan kondisi medan jalan yang dilalui, berat muatan hingga cara pemakaian sehari-hari.

Jika dirasa ban sudah terasa tidak nyaman, hal tersebut bisa dijadikan sebagai indikator bahwa kualitas bannya sudah menurun. Segera lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat.

3. Usia Pakai Ban Motor

Usia ban motor biasanya akan sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Idealnya usia ban motor yang direkomendasikan maksimal adalah 2 tahun. Lebih dari itu, disarankan untuk segera diganti walaupun tingkat keausan ban belum mencapai batas waktu untuk diganti. “Ban yang sudah melebih batas usia pakai akan mengalami beberapa kendala seperti daya cengkram yang kurang maksimal, hingga menimbulkan keretakan pada beberapa permukaan ban,” ujar Ade.

4. Ban Sering Bocor

Apabila ban sepeda motor sudah mengalami kebocoran lebih dari 2 kali akibat terkena benda tajam seperti paku, pecahan kaca atau yang lainnya sebaiknya disarankan untuk diganti dengan yang baru. Hal ini agar ban dapat bekerja secara optimal dan membuat perjalanan aman dan nyaman.

“Selain itu, lakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala. Bagi pengguna sepeda motor Honda dapat dilakukan di bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat agar performa dan komponen-komponen sepeda motor anda selalu dalam kondisi prima,” tutup Ade.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved