Breaking News:

Objek Wisata di Ciamis Masih Tutup, tapi Bus Gatrik Akan Mulai Beroperasi Kembali Minggu Ini

Pertimbangan dioperasikan kembali menurut Budi, karena bus Bandros di Bandung sekarang juga sudah kembali beroperasi.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar
Ngabuburit di Alun-Alun Ciamis pada bulan puasa ini bisa naik Bus Gatrik keliling kota Ciamis 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Setelah sempat mengganggur selama 2 bulan sejak diberlakukannya PPKM Darurat awal bulan Juli lalu, rencananya Minggu (29/8/2021), bus Gatrik akan kembali beroperasi.

“Tapi hanya untuk keliling kota, city tour. Belum bisa untuk rute ke destinasi wisata, karena destinasi wisatanya kan masih tutup,” ujar Sekdis Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia kepada Tribun Jumat (27/8/2021) siang.

Dua mobil bantuan Pemprov Jabar yang diberi nama Gatrik (Galuh Tour Kota Klasik) telah menjadi ikon pariwisata Ciamis. Dalam kondisi normal sebelum pandemi menjalani rute dalam kota, mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam kota galendo tersebut.

Juga digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Ciamis.

“Sekarang kami lagi persiapan untuk mengoperasikan kembali Gatrik,” katanya.

Pertimbangan dioperasikan kembali menurut Budi, karena bus Bandros di Bandung sekarang juga sudah kembali beroperasi.

“Pertimbangan utamanya, karena sarana transportasi sekarang sudah boleh kembali beroperasi. Baik itu angkutan umum, angkutan pariwisata dan sebagainya. Bahkan sudah boleh mengangkut penumpang sampai 75 persen kapasitas,” ujar Budi.

Dan Gatrik yang mulai dioperasikan Minggu (29/8) menurut Budi hanya dengan jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas.

“Kapasitas Gatrik kan 22 penumpang. Jadi nanti hanya maksimal 11 orang penumpang yang boleh naik,” katanya.

Seperti halnya kondisi semula, start pemberangkatan Bus Gatrik tersebut yakni di Alun-Alun Ciamis dan TIC. Dan untuk sementara rutenya hanya dalam kota (city tour).

Baca juga: Objek Wisata di Bandung Barat Tetap Tutup Meski Sudah Zona Oranye dan Kasus Covid-19 Menurun

“Kami juga menunggu keputusan secara nasional tentang objek wisata. Kapan akan dibuka kembali secara bertahap,” ujar Budi.

Menurut Budi, pihak Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) sudah mengusulkan kepada Kementrian Parekraf dan Presiden RI agar objek wisata bisa kembali dibuka meski hanya bertahap.

Meski objek wisata di Ciamis belum dibuka, menyusul masih diperpanjangnya PPKM Level 3, namun kini Bus Gatrik kembali akan dioperasikan. Meski hanya untuk keliling kota (city tour). Sebagai salah bentuk persiapan kalau annti objek wisata kembali dibuka

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved