Breaking News:

PLN Mobile, Catat Meter Listrik dan Pengaduan Jadi Lebih Mudah

Pelaporan angka meter mandiri sangatlah mudah. Kita dapat mencatat meter sekaligus melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile di HP

Editor: bisnistribunjabar
pln2608a 

Tanggal 24-27,Saatnya Catat Meter Listrik

TRIBUNJABAR.ID Bagi kita pelanggan listrik pasca bayar yang memakai listrik dahulu lalu bayar tagihan listrik pada awal bulan berikutnya, ada dua kegiatan penting yang harus diperhatikan, yaitu pencatatan meter listrik dan pembayaran tagihan listrik. Pembayaran listrik dilakukan pada awal bulan (tanggal 1 sd 20), sedangkan pencatatan meter listrik dilaporkan diakhir bulan. Pencatatan listrik penting karena tagihan listrik dihitung berdasarkan pemakaian listrik selama sebulan. Untuk mengetahu konsumsi listrik selama sebulan, kita cukup menghitung selisih angka meter yang dilaporkan bulan ini dikurangi angka meter bulan sebelumnya.

Pelaporan angka meter mandiri sangatlah mudah. Kita dapat mencatat meter sekaligus melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile di HP. Berikut tutorial catat meter mandirinya:

· Buka aplikasi PLN Mobile dan pilih menu "Catat Meter”
· Pilih ID Pelanggan yang akan dilaporkan
· Foto angka stand meter dengan jelas
· Masukkan angka stand meter dan nomor ponsel kemudian kirim
· Estimasi tagihan listrk bulan ini akan muncul

Dengan melakukan catat meter mandiri, kita jadi mudah mengetahui estimasi tagihan listrik di bulan berikutnya.

Selanjutnya, apabila ingin mengecek tagihan listrik yang diterbitkan PLN setiap awal bulan, kita juga dapat menggunakan PLN Mobile. Kita cukup buka PLN Mobile, pilih menu Token dan tagihan, Pilih Nomor ID pelanggan, lalu muncul detail tagihan listriknya.

Pengaduan Gangguan Melalui PLN Mobile

Energi listrik sangat kita butuhkan untuk mendukung proses bekerja, belajar, dan pekerjaan rumah tangga terutama pada masa pandemi ini. Oleh larena itu, akan tidak nyaman ketika instalasi listrik didalam rumah/ jaringan listrik PLN terkena gangguan dan berakibat padam, Laporan dan penanganan yang cepat tentu kita butuhkan apabila menghadapi permasalahan tersebut.

Menu pengaduan dan ListriQu dalam PLN Mobile dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Pada menu pengaduan, kita dapat melaporkan gangguan padam, keluhan kWh meter pasca bayar, keluhan kWh meter Prabayar, atau keluhan lainnya yang terkait asset milik PLN. Cara melaporkanya yaitu buka menu pengaduan pada PLN Mobile; pilih jenis gangguannya; pilih ID Pelanggan yang terdampak; pilih lokasi; lampirkan foto, nomor HP dan diskripsi laporan; lalu kirim pengaduan.

Sementara itu, fitur ListriQu akan memudahkan kita jika instalasi listrik di rumah bermasalah. Kita bisa langsung melaporkanya lewat aplikasi New PLN Mobile dengan langkah sebagai berikut:

· Buka aplikasi PLN Mobile dan pilih menu ListriQu
· Jawab pertanyaan terkait, baca disclaimer, syarat dan ketentuan secara detail, lalu centang dan klik Mengerti
· Pilih ID Pelanggan atau isi ID pelanggan bila lokasi berbeda dengan ID terdaftar atau isi lokasi pengaduan jika tidak tahu ID pelanggan (Pastikan alamat pelaporan berada di jangkauan layanan ListriQu)
· Lengkapi data alamat, nomor HP, deskripsi laporan, informasi permintaan waktu kunjungan, dan lampirkan foto jika diperlukan
· Setelah selesai, cek semua data yang terisi dan estimasi harga lalu klik Kirim Pengaduan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved