Breaking News:

Main Layangan Dekat Jaringan Listrik Dapat Menyebabkan Gangguan

Kawat layang layang yang teraliri listrik dan menjuntai ke tanah tersebut sangat membahayakan masyarakat sekitar

Editor: bisnistribunjabar

TRIBUNJABAR.ID Layang layang akhir akhir ini menjadi penyebab gangguan di daerah Cilengkrang, Bandung. Ayu, warga di Cilengkrang menyampaikan bahwa sudah 2 kali dalam 2 Minggu listriknya mati gara gara ada layang layang yang nyangkut di jaringan. Hal tersebut membuatnya tidak nyaman karena dia sedang bekerja di rumah.

Lalu, bagaimana layang-layang bisa menyebabkan gangguan dan membahayakan?

Iwan Ridwan, Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menjelaskan bahwa ketika hujan, suhu menjadi lembap, atau berembun, layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik dapat menjadi penghantar listrik atau konduktor. Kondisi ini dapat menyebabkan arus hubung singkat ketika jaringan saling terhubung.

Dia menambahkan, layang-layang yang menggunakan tali kawat dapat mengganggu jaringan listrik karena kawat merupakan penghantar listrik. "Kawat adalah konduktor, penghantar listrik. Oleh karena itu, saat kawat mengenai jaringan PLN yang dialiri listrik, kawat akan menjadi konduktor ke benda benda sekitarnya, termasuk tiang listrik atau orang yang terkena kawat," pungkasnya.

Kawat layang layang yang teraliri listrik dan menjuntai ke tanah tersebut sangat membahayakan masyarakat sekitar. Orang yang melintas dapat tersetrum bila terkena kawat tersebut. Sementara itu, bagi pelaku pemain layang-layang yang melanggar atau menyebabkan gangguan akan dikenakan sanksi sesuai aturan Undang Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, yakni setiap orang yang kegiatannya mengakibatkan terputusnya aliran listrik sehingga merugikan masyarakat, diancam pidana penjara dan denda.

Agar permainan layang-layang menyenangkan dan aman, Iwan menghimbau agar masyarakat bermain layang layangnya ke tanah lapang yang jauh dari jaringan listrik atau tower PLN. "Musim kemarau disertai angin besar ini merupakan kesempatan yang sangat ditunggu bagi penggemar permainan layang layang. Hal ini karena angin akan membantu menerbangkan layangan mereka. Meski demikian, mari bermainnya di tanah yang lapang jauh dari jaringan listrik PLN dan pemukiman," ajaknya.

Kegiatan yang mengganggu jaringan listrik selain membahayakan juga dapat menyebabkan padam yang pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan untuk mencari titik gangguan lalu memperbaikinya. Oleh karena itu, mari kita jaga jaringan listrik untuk kemanan dan kenyamanan kita bersama.

Selanjutnya, apabila ada yang melakukan tindakan membahayakan jaringan listrik maka ingatkan, hentikan dan laporkan ke PLN melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved