Breaking News:

Pacu Kreativitas Siswa Saat Pandemi, Disdik Purwakarta Gelar Lomba Vlog Agar Pelajar Sadar Soal Ini

Genjot daya kreativitas siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menggelar lomba virtual video blogging (vlog) untuk kategori kejuaraan pelajar

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Dr. Purwanto saat memberikan hadiah pada pemenang lomba Vlog di Kantor Dinas Pendidikan, Jalan Surawinata Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/8/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Genjot daya kreativitas siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menggelar lomba virtual video blogging (vlog) untuk kategori kejuaraan pelajar SD, SMP dan SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, mengatakan situasi pandemi memang menghambat aktivitas belajar mengajar, namun daya kreatif siswa harus jadi perhatian penting.

"Jangan sampai situasi krisis pandemi mematikan daya kreatif, terlebih untuk para siswa. Siswa mesti tetap dipacu kreativitasnya. Dan itu merupakan peran guru, kepala sekolah, dan tentu saja para orang tua siswa," ujar Purwanto seusai acara penyerahan hadiah lomba vlog di Kantor Dinas Pendidikan, Jalan Surawinata Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/8/2021).

Lomba vlog yang digelar bermaksud untuk menstimulasi kreatifitas siswa. Selebihnya, kreatifitas tersebut ditebalkan dengan nilai-nilai kesadaran lingkungan sebagai bagian implementasi kebijakan Tatanen di Bale Atikan yang diinisiasi oleh Disdik Kabupaten Purwakarta.

"Ini merupakan ikhtiar memacu kreatifitas siswa, lebih khusus pada konteks literasi digital, lingkungan dan budaya. Lalu, kreativitas tersebut diperkuat dengan nilai-nilai kesadaran lingkungan sehingga, para siswa dalam vlognya bisa menjelaskan soal bagaimana hubungan dirinya dengan alam. Lalu, apa yang bisa dilakukan agar alam lestari," kata dia.

Diketahui, lomba vlog ini  bertemakan kesadaran siswa terhadap kelestarian lingkungan, ratusan siswa juga antusias mengikuti lomba ini.

"Jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat se-Kabupaten Purwakarta. Dari hasil penilaian dewan juri ada 3 juara utama yang terpilih dari jenjang SD, SMP, dan SMA," katanya.

Berikut daftar pemenang lomba vlog Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Athaya Gibran siswa SDN Tegalwaru sebagai Juara I, Akhtar Rayyan siswa SD Al-Manar sebagai Juara II, dan Rifka dan Siti siswi SDN Warungjeruk sebagai Juara III.

Untuk tingkat SMP, Anisa Kartikasari siswi SMPN 2 Wanayasa sebagai Juara I, Meri Andini siswi SMPN 1 Darangdan sebagai Juara II, dan Rafi Pasha siswa SMP Al-Muhajirin sebagai Juara III.

Untuk tingkat SMA para juri belum bisa memberikan hasil juara karena penilaian cukup rumit dan ketat.

Purwanto berharap lomba ini bisa berbekas pada peningkatan kreativitas siswa. Setidaknya lomba ini diharapkan berdampak pada sisi kesadaran siswa terhadap lingkungan.

"Anak-anak yang merupakan pemegang masa depan berhak untuk bersuara, terlebih urusan lingkungan. Di waktu yang sama, kita orang dewasa yang hidup hari ini dituntut untuk mengakomodir lebutuhan mereka sesuai dengan perkembangan zaman. Jangan sampai kita mewariskan lingkungan yang rusak untuk anak cucu kita di masa mendatang," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved