Breaking News:

Lansia yang Meninggal Dalam Ambulans Menuju RSU Tasik Ternyata Pasien Covid-19 yang Menjalani Isoman

Pasien Covid-19 lansia yang meninggal dalam ambulans saat perjalanan menuju RSU dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Selasa (24/8), sempat menjalani isoman

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
Dok. Tim Pemulasara Jenazah RSU dr Soekardjo
Petugas pemulasaraan jenazah Covid-19 membawa peti mati untuk pasien Covid-19 meninggal di ruang isolasi RSU dr Soekardjo,Kota Tasikmalaya, Selasa (24/8). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Pasien Covid-19 lansia yang meninggal dalam ambulans saat perjalanan menuju RSU dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Selasa (24/8), sempat menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Pihak Puskesmas setempat mengetahui ada pasien memburuk setelah pihak keluarga memesan ambulans lewat panggilan 119.

"Sempat menjalani isoman dulu di rumah sebelum dilarikan dengan ambulans ke RSU," kata petugas pemulasara jenazah Covid-19 RSU, Dona.

Diduga karena kondisinya sudah parah, korban berinisial Sb (62), warga Kecamatan Kawalu, akhirnya meninggal dalam perjalanan menuju RSU.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, mengatakan, kematian pasien Covid-19 sebagian besar dari kalangan lansia.

Namun di sisi lain capaian vaksinasi kalangan lansia masih rendah. Salah satu penyebabnya masih rendah kesadaran lansia ikut vaksinasi.

"Prosentasinya masih pada rentang 15-20 persen dari total lansia yang harua divaksin lebih dari 58 ribu lansia," ujar Asep.

Karena itu, Asep meminta warga yang akan menjalani vaksinasi, jangan lupa mengajak serta ayah, ibu, kakek atau nenek yang masuk kategori lansia.

"Ajak mereka untuk ikut vaksinasi," kata Asep, seraya menyebutkan, sasaran lansia saat ini masuk program prioritas vaksinasi.

Terlebih, tambah Asep, sebagian besar pasien Covid-19 meninggal dunia dari kalangan lansia.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved